Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
Rendi_7936
Posts: 229
Joined: 19 Jan 2013, 15:02
Location: Malang, Indonesia
Contact:

Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby Rendi_7936 » 25 Sep 2013, 07:59

Ass. Wr. Wb.
Mas/Mbak, saya mau nanya apakah ada Database buat Ubuntu (non server)? Namanya apa?

Gini gan, dosen ane nyuruh buat database pake Oracle XE. Cuman, si Oracle cuma nyediain paket RPM, 64bit lagi :(

kalau pake Xampp, apa setara dengan Oracle XE

sekiranya agan2 mau membantu saya, yang sedang terkena konspirasi hati :D
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby Malsasa » 25 Sep 2013, 08:33

MySQL ada. Pakai itu saja. Tutorialnya banyak.
User avatar
sr_aja
Posts: 602
Joined: 10 Dec 2012, 11:21
Location: Jakarta

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby sr_aja » 25 Sep 2013, 09:48

Rendi_7936 wrote:Ass. Wr. Wb.
Mas/Mbak, saya mau nanya apakah ada Database buat Ubuntu (non server)? Namanya apa?

Gini gan, dosen ane nyuruh buat database pake Oracle XE. Cuman, si Oracle cuma nyediain paket RPM, 64bit lagi :(

kalau pake Xampp, apa setara dengan Oracle XE

sekiranya agan2 mau membantu saya, yang sedang terkena konspirasi hati :D


solusi soal peket kan biasa convert dari RPM ke .deb pakai alien

oracle itu aplikasi komersil, sehingga mereka cenderung akan melakukan proteksi terhadap aplikasi mereka.
jangankan ke selain redhat, orang ke CentOS aja kadang di butuhkan beberapa manipulasi.

sepertinya pernah ada yg implemen oracle di ubuntu, hanya saja lupa link nya :D

kenapa ngak pakai mysql aja?
User avatar
abu_unaisah
Posts: 1621
Joined: 24 Nov 2011, 14:07

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby abu_unaisah » 25 Sep 2013, 10:09

Mas/Mbak, saya mau nanya apakah ada Database buat Ubuntu (non server)? Namanya apa?

maksudnya non server apa ya?
mungkin bisa coba monggodb
User avatar
jail
Posts: 162
Joined: 19 May 2010, 10:14
Location: jakarta

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby jail » 25 Sep 2013, 10:33

semua database harusnya bisa di implemen baik di desktop maupun di server
mysql
postgrey
manggodb
ms exel atau libre
access
sqlserver
dan sejnisnya..

hanya yg jd pertanyaan, apa dan bgaimana kebutuhanmu?
dan juga soal dbadminnya
User avatar
Rendi_7936
Posts: 229
Joined: 19 Jan 2013, 15:02
Location: Malang, Indonesia
Contact:

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby Rendi_7936 » 25 Sep 2013, 11:28

Itu lo gan, aq maunya database buat ubuntu dekstop aja, bukan yang diperuntukkan database2 perusahaan (ubuntu server)
User avatar
Rendi_7936
Posts: 229
Joined: 19 Jan 2013, 15:02
Location: Malang, Indonesia
Contact:

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby Rendi_7936 » 25 Sep 2013, 11:31

Database buat desktop, kok
bukan yang khusus server
User avatar
Rendi_7936
Posts: 229
Joined: 19 Jan 2013, 15:02
Location: Malang, Indonesia
Contact:

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby Rendi_7936 » 25 Sep 2013, 11:34

Mas, itu syntax buat database seperti oracle, mysql, sama postgre sama, ya?

Kalau sama ntar tak coba deh mysql
User avatar
jail
Posts: 162
Joined: 19 May 2010, 10:14
Location: jakarta

Re: Ask : Database di Ubuntu (Non Server)

Postby jail » 26 Sep 2013, 00:24

Rendi_7936 wrote:Mas, itu syntax buat database seperti oracle, mysql, sama postgre sama, ya?

Kalau sama ntar tak coba deh mysql


ada perbedaan dalan syntax(penulisan comman)
yang jelas
sql= structure query languange
terdiri dari 3 ddl, dml, dcl
yg terpenting yg harus di pelajari adalah
normalisasi.. dan 3 unsur di atas
masalah syntax memang nerbeda2, kan bisa baca dokumentasi

saran gw sih jgn pernah menghapal syntax.. krn kamu akn terpukau dgn hal iti

bagian tersulit dr dtabase itu.. adalah normalisasi
kalau udh paham normalisasi.. insya allah kesononya mudah..


ini kata dosen gw loh.. hehehe

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests