[ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
R1yan
Posts: 37
Joined: 27 Jun 2013, 10:08
Location: Bekasi

[ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby R1yan » 07 Sep 2013, 08:50

Misi Gan , mau numpang bertanya :

Saya masih agak bingung mengenai versi LTS, diantaranya:

  1. Apakah versi LTS bisa diupgrade realease ke non-LTS? atau dari LTS ke LTS?
  2. Mengenai dukungan Ubuntu, LTS dan non-LTS , jika sudah tidak didukung , apakah ubuntu versi tersebut masih bisa dipakai?
  3. Saya menggunakan versi 12.04.01, bagaimana cara upgrade ke 12.04.04 atau versi terbaru dari 12.04, apakah cukup dengan apt-upgrade atau upgrade realease atau bagaimana?
Terima Kasih :D
User avatar
q_p
Posts: 3109
Joined: 14 Oct 2012, 13:01
Contact:

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby q_p » 07 Sep 2013, 10:57

R1ght wrote:Misi Gan , mau numpang bertanya :
Saya masih agak bingung mengenai versi LTS, diantaranya:

  1. Apakah versi LTS bisa diupgrade realease ke non-LTS? atau dari LTS ke LTS?
  2. Mengenai dukungan Ubuntu, LTS dan non-LTS , jika sudah tidak didukung , apakah ubuntu versi tersebut masih bisa dipakai?
  3. Saya menggunakan versi 12.04.01, bagaimana cara upgrade ke 12.04.04 atau versi terbaru dari 12.04, apakah cukup dengan apt-upgrade atau upgrade realease atau bagaimana?
Terima Kasih :D
  1. LTS ke LTS
  2. Masih bisa dipakai meski "Live-Time-Support"-nya sudah habis, caranya dengan mengganti isi file sources.list
  3. [color:#660000]apt-get dist-upgrade[/color]
User avatar
R1yan
Posts: 37
Joined: 27 Jun 2013, 10:08
Location: Bekasi

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby R1yan » 08 Sep 2013, 06:52

Kalau versi non-LTS disarankan Update secara urut. .
bagaimana jika versi LTS? kan versinya tidak urut ?
User avatar
q_p
Posts: 3109
Joined: 14 Oct 2012, 13:01
Contact:

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby q_p » 08 Sep 2013, 07:15

R1ght wrote:Kalau versi non-LTS disarankan Update secara urut. .
bagaimana jika versi LTS? kan versinya tidak urut ?
Begini,
  1. Ubuntu 12.04.1 ke Ubuntu 12.04.3 harus melalui Ubuntu 12.04.2. Urut kan ?
  2. Ubuntu 10.04.1 ke Ubuntu 12.0.4.1 harus melalui "Ubuntu 11.04.1 , dst". Urut juga kan ?
User avatar
R1yan
Posts: 37
Joined: 27 Jun 2013, 10:08
Location: Bekasi

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby R1yan » 13 Sep 2013, 14:48

oh kalo itu saya mengerti maksud saya . .
contoh:
Ubuntu 12.04 LTS ke realese LTS yg selanjutnya apa langsung ke versi 14.04 LTS?
seperti 10.04 LTS langsung ke !2.04 LTS?
User avatar
q_p
Posts: 3109
Joined: 14 Oct 2012, 13:01
Contact:

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby q_p » 13 Sep 2013, 16:02

Saya tidak ingin memberi jawaban yang sifatnya spekulatif, karena saya belum pernah mengalaminya. Dari yang pernah saya baca, seperti jawaban saya di atas.
  1. Ubuntu 10.04.1 (LTS) ke Ubuntu 12.0.4.1 melalui Ubuntu 11.04.1 (non-LTS)
  2. Ubuntu 12.04.1 ke Ubuntu 14.0.4.1 melalui Ubuntu 13.04.1 (non-LTS)
Itupun saya tahu-nya dari ubuntu server dan kalau dilakukan secara on-line. Dan karena makan banyak bandwith + waktu, mending download iso versi terbaru kemudian meng-installnya.

##note
Seperti-nya ada warga kita yang pernah mencoba-nya. Kalau tidak salah mas "si_pelaut".
User avatar
R1yan
Posts: 37
Joined: 27 Jun 2013, 10:08
Location: Bekasi

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby R1yan » 13 Sep 2013, 16:39

oh begitu ya. . saya pikir bisa langsung dari LTS ke LTS. .

saya juga berfikir seperti itu, download .iso 14.04 LTS (jika nanti sudah keluar), upgrade dari CD langsung di 12.04 LTS.

oh iyaa, ada satu pertanyaan tambahan jika saya upgrade release via CD, dari yg saya baca aplikasi2 yg telah terinstall tidak akan terhapus, tapi ada juga yg menyarankan untuk backup aplikasinya atau memisahkan foldernya, tapi saya belum menemukan caranya, mungkin bisa mas kasih link ke saya untuk backup/memisahkan folder aplikasinya?
User avatar
Rendi_7936
Posts: 229
Joined: 19 Jan 2013, 15:02
Location: Malang, Indonesia
Contact:

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby Rendi_7936 » 13 Sep 2013, 17:02

R1ght wrote:oh begitu ya. . saya pikir bisa langsung dari LTS ke LTS. .

saya juga berfikir seperti itu, download .iso 14.04 LTS (jika nanti sudah keluar), upgrade dari CD langsung di 12.04 LTS.

oh iyaa, ada satu pertanyaan tambahan jika saya upgrade release via CD, dari yg saya baca aplikasi2 yg telah terinstall tidak akan terhapus, tapi ada juga yg menyarankan untuk backup aplikasinya atau memisahkan foldernya, tapi saya belum menemukan caranya, mungkin bisa mas kasih link ke saya untuk backup/memisahkan folder aplikasinya?


maksud gimana mas, saya kurang paham.
Apa gini 12.04 upgrade ke 14.04, cuma agan ingin semua aplikasi di 12.04 ada sampai selesai upgrade ke 14.04.
Rasanya lebih baik agan mulai aja dari fresh instal ubuntu 14.04. Kalaupun bisa, si 14.04 pasti butuh paket program yang sesuai. Walaupun paket2 12.04 selalu diupdate sampai mendekati waktu release LTS terbaru. Bisa saja pada saat waktu tersebut, ada paket program yang dihilangkan atau ditambah untuk menyesuaikan ke 14.04. Itu pendapat saya, maaf kalo terlalu spekulatif

kalo agan ingin tetap mempertahankan aplikasi di 12.04, dual booting bisa jadi solusi
User avatar
nif
Posts: 2816
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby nif » 13 Sep 2013, 20:37

R1ght wrote:oh begitu ya. . saya pikir bisa langsung dari LTS ke LTS. .

secara teori memang bisa. contohnya di sini.
tapi sama seperti om Pragole_Pati, saya juga belum pernah coba jadi tidak menyarankan :smile:

Rendi_7936 wrote:... Bisa saja pada saat waktu tersebut, ada paket program yang dihilangkan atau ditambah untuk menyesuaikan ke 14.04. ..

setuju juga :laugh:
ketika upgrade, memang akan diusahakan agar aplikasi yang telah terinstall tidak terhapus. tapi bukan berarti pasti tidak terhapus. ada kemungkinan juga beberapa aplikasi setelah upgrade jadi tak bisa jalan.

cmiiw
User avatar
R1yan
Posts: 37
Joined: 27 Jun 2013, 10:08
Location: Bekasi

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby R1yan » 14 Sep 2013, 06:20

cukup saya mengerti. .
setiap keluar release baru, pasti diikuti dengan paket program yg baru . .
hanya saja saya masih berfikir. .
jika seperti itu berarti tiap release baru, harus menginstall satu persatu paket2 baru yg sesuai, saya rasa cukup merepotkan ditambahlagi jika release yg dipakai non-LTS. ya mungkin jika menggunakan LTS yg supportnya lebih lama, yaa saya pikir tidak ada masalah.

untuk link yg mas nif kasih,
saya baca untuk upgrade LTS langsung ke LTS, disana tertulis (Recommended), yg lebih disarankan dari ubuntu seperti ini ya..
yah mungkin perlu saya coba nanti jika 14.04 LTS sudah keluar, kalo ga dicoba ga akan tau :D

mohon diluruskan jika kata2 saya diatas ada yg salah. .
dan Terima Kasih atas Jawabanya, cukup membantu saya yg awam . .
User avatar
SafriDzal
Posts: 34
Joined: 08 Oct 2010, 19:34
Location: Yogyakarta

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby SafriDzal » 14 Sep 2013, 07:06

Kalau menurut saya, cara yang dilakukan teman-teman di LinuxMint untuk upgrade ke versi yang lebih tinggi lebih sesuai untuk dilakukan di Indonesia (atau lebih tepatnya saya, yang koneksi internetnya sangat terbatas)
Sampai sekarang saya masih menggunakan aplikasi mintbackup untuk upgrade kubuntu dan sejauh ini upgrade selalu lancar (saya mulai pakai Linux dari jaman natty)
mintbackup mampu membuat daftar aplikasi yang teriinstall di system kita, dan bisa di restore di system berikutnya. Aplikasinya sih tetap download lagi, tapi kan jumlah file yang harus di download jadi lumayan berkurang (file core OS nya sudah install dari ISO)
Dan untuk kenyamanan upgrade rilis, sangat disarankan dari awal sudah memisahkan / dan /home
User avatar
R1yan
Posts: 37
Joined: 27 Jun 2013, 10:08
Location: Bekasi

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby R1yan » 14 Sep 2013, 07:10

nah itu . .cara memisahkan / dan /home gimana mas safri?
User avatar
SafriDzal
Posts: 34
Joined: 08 Oct 2010, 19:34
Location: Yogyakarta

Re: [ask] upgrade ubuntu LTS :12.04.01 ke 12.04.04 dst

Postby SafriDzal » 16 Sep 2013, 17:04

R1ght wrote:nah itu . .cara memisahkan / dan /home gimana mas safri?

Saya sendiri sampai sekarang belum pernah memindah /home ke partisi baru (soalnya sudah saya mount di partisi berbeda saat instalasi). Artikel untuk memindah /home salah satunya bisa dilihat di help.ubuntu.com

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests