[Patch] Battery Issue (Not Detected)

Membahas Perangkat-perangkat keras yang belum dideteksi dengan baik oleh Ubuntu serta solusinya.
User avatar
luxm4n
Posts: 465
Joined: 22 Apr 2011, 07:59
Location: Kalimantan Selatan
Contact:

[Patch] Battery Issue (Not Detected)

Postby luxm4n » 05 Jul 2013, 23:00

Assalamu'alaikum :D

Akhirnya, Laptop saya (Toshiba Satellite L640) sudah fully supported by Linux, khususnya Ubuntu :)

Ga instant memang perjalanan saya di dunia open source hingga saya terbiasa menggunakan linux, pindah rumah dari OS lama saya ke Linux Ubuntu yg itu artinya beda lingkungan = beda kebiasaan.

Kita semua mungkin sepakat bahwa masalah paling menyebalkan ketika kita menggunakan linux adalah masalah driver (device support), bagi pengguna yg sudah lama menggunakan linux mungkin bisa lebih selektif dalam memilih hardware sehingga bisa dipastikan support untuk digunakan di linux, namun akan berbeda ceritanya jika kita dulunya menggunakan OS berbayar dan terlena dengan kompabilitasnya yg tinggi, lalu memutuskan untuk menggunakan linux, dan faktor luck sangat berperan pada tahap ini, jika beruntung, maka tidak menemukan masalah tidak kompetibel pada hardware, dan bisa belajar all about linux lebih less stress. Laptop saya pun harus melewati masa-masa sulit itu, mulai dari port headphone/headset tidak berfungsi, VGA unknown, overheat, modem ada drivernya tapi perlu jamu khusus agar bisa digunakan, printer tidak berfungsi denga normal, dan masih banyak lagi, dan alhamdulillah semuanya itu sudah all solved, hanya satu yg belum (secara official) fix, yaitu battery absent/battery tidak terdeteksi. Namun pada dasarnya Battery Toshiba Satellite L640 sudah disupport oleh linux, hanya saja perlu kita fix DSDT/ACPI nya.

Alhamdulillah semua masalah itu sudah fix, bahkan saya sudah merangkumnya menjadi shell script yg bisa menyelesaikan maslah Battery Absent ini dengan sekali jalan, hehe,,,


Dari beberapa tutorial dan berbagai referensi, saya menemukan 2 Error dan 5 Warning pada DSDT laptop saya ini, dan Alhamdulillah semua itu sudah bisa diselesaikan alias 0 Error dan 0 Warning!

Pada DSDT juga perlu ada perubahan kecil agar system bisa mengenali Battery laptop kesayangan saya ini :D, kalau dulu harus melakukan perubahan pada kernel, namun sekarang sudah tidak perlu lagi.

Dengan saya rilisnya patch ini, maka saya rasa TOSHIBA Satellite L640 sudah Fully Supported By Linux :D

Script ini sebenarnya adalah kumpulan dari step by step dari tutorial yg nanti akan saya berikan link sumbernya dibawah, namun saya berfikir alangkah lebih baik jika saya bikin agar semuanya otomatis, wih pasti senang ya dengan yg namanya otomatis, lawan dari manual, siapa yg tidak suka, bahkan saya menyarankan kepada pengguna lain sebaiknya buat script shell seperti yg saya saya lakukan ini, agar semua otomatis, bahkan jika perlu buat GUI (Front End) agar lebih mantaf, hmmm,,, dengan keterbatasan ilmu saya, maka saya cukupkan pada metode shell script ini saja, hehe,,, mungkin nanti jika Allah memberikan tambahan ilmu kepada saya maka saya akan bisa merealisasikan Front End untuk Patch ini.

Cara Menjalankan Patch

1. Download Filenya di: https://www.box.com/s/vjv6wk610xdo2lbyhi85
2. Selanjutnya ekstrak dan pindahkan semua file ke Home Directory, lalu jalankan sudo ./patch.sh dengan Terminal

Akan Otomatis Reboot :D dan Masalah Terselesaikan :D

Sementara ane bikin khusus untuk Toshiba Notebook aja, karena saat ini cuma sekedar share apa yg saya buat daripada dinikmati sendirian, jika banyak yg membutuhkan akan saya update/develop secara serius, pastinya untuk Notebook/Netbook selain Toshiba. Maka dari itu saya sangat membutuhkan yg namanya "Tester", dan tentunya FeedBack membangun untuk saya, jangan cuma pakai lalu diam (silent reader)!

Changelog:


Version 1.0

Initial Release



Device Support:


Toshiba Satellite L640

Other?, Please tell me :D



OS/Distro Support:


Debian dan keturunannya (Ubuntu, Mint, etc), openSUSE, Fedora

Other?

Please tell me :)
User avatar
rengga_gitia
Posts: 79
Joined: 18 Dec 2011, 19:39
Location: Malang, Indonesia

Re: [Patch] Battery Issue (Not Detected)

Postby rengga_gitia » 05 Jul 2013, 23:19

khusus toshiba ya??
User avatar
luxm4n
Posts: 465
Joined: 22 Apr 2011, 07:59
Location: Kalimantan Selatan
Contact:

Re: [Patch] Battery Issue (Not Detected)

Postby luxm4n » 05 Jul 2013, 23:44

Untuk saat ini baru saya test di laptop toshiba aja,,, saya perlu tester, hehe,,
User avatar
luxm4n
Posts: 465
Joined: 22 Apr 2011, 07:59
Location: Kalimantan Selatan
Contact:

Re: [Patch] Battery Issue (Not Detected)

Postby luxm4n » 10 Jul 2013, 08:09

wah ga enak share di FUI, ga bisa diedit lagi threadnya,,, gimana mau update kalo gitu,,,
User avatar
q_p
Posts: 3109
Joined: 14 Oct 2012, 13:01
Contact:

Re: [Patch] Battery Issue (Not Detected)

Postby q_p » 10 Jul 2013, 22:05

[quote=luxm4n]wah ga enak share di FUI, ga bisa diedit lagi threadnya,,, gimana mau update kalo gitu,,,

Bisa di edit kok, kecuali trit ini bukan [share] misalnya [ask] dan sudah solved maka oleh moderator di-lock. Saya pastikan trit tidak locked, jadi bisa anda edit untuk updating :)