Install program error lagi error lagi? susah amat?

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
Dian
Posts: 16
Joined: 24 Mar 2010, 16:12

Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby Dian » 09 May 2010, 19:02

dear all,
saya mau install 3 package untuk aplikasi rhythmbox (mp3 player), namun gak pernah berhasil. Saya menggunakan synaptic dan repo dvd. Saya mencoba mengikuti step by step tutorial utk install aplikasi menggunakan synaptic. Saya mengikuti setiap instruksi untuk memasukkan setiap dvd repo yg diminta. Tapi pertengahan instalasi muncul error spt di bawah :

W: Failed to fetch cdrom:[Ubuntu 9.10_Karmic Koala_ DVD Repository - i386 - Disk 1 of 7]/pool/main/f/ffmpeg/libswscale0_0.5 +svn20090706-2ubuntu2_i386.deb
Unable to unmount the CD-ROM in /cdrom/, it may still be in use

error di atas bukan satu ini aja, tapi banyak. (saya cuma menuliskan satu karena sama semua, hanya nama file-nya yg berbeda.
Bro2 semua, bagaimana untuk menghindari error spt ini, kalau masalah error unmount apakah harus diketik manual lagi setiap mau mengeluarkan DVD? asumsi saya adalah bila CDROM bisa dibuka manual, artinya dia sudah ter-unmount? bukan begitu?
Jadi setiap instruksi yg saya ikuti saya tunggu dvdnya sdh termount baru saya klik OK, begitupun waktu mau mengeluarkan DVD, saya tunggu DVD ter-unmount baru keluarin dvdnya.
Tapi kenapa kok masih muncul pesan error spt di atas ya?
Saya bener2 pusing dibuatnya hehe... baru gini aja sdh banyak error, gmn mau install program yg lebih kompleks?
Tolong kawan2 bantu saya, gmn trik yg bagus untuk instal aplikasi di ubuntu 9.10 ini.
Many thx b4

Dian
User avatar
zarkasichan
Posts: 1527
Joined: 01 Jan 2010, 01:57
Location: Samarinda, Indonesia
Contact:

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby zarkasichan » 09 May 2010, 21:45

DVD repository itu cara penggunaannya adalah dengan meng-Copy seluruh DVD repository-nya (7 DVD repo karmic) terlebih dahulu ke harddisk bro.,misalnya di alamat /home/namauser/repository..

kemudian selanjutnya bro harus membuat repo tersebut "auto-mounting" ke alamat /mnt, file /etc/fstab harus disetting dan terakhir baru /etc/apt/sources.list yang musti di setting dengan benar.. baru bisa digunakan.

bro search2 aja di forum ini sudah banyak yang membahas cara install dvd repository karmic koala...
:D
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby blackshirt » 10 May 2010, 16:05

DVD repository itu cara penggunaannya adalah dengan meng-Copy seluruh DVD repository-nya (7 DVD repo karmic) terlebih dahulu ke harddisk bro.,misalnya di alamat /home/namauser/repository..


gak harus gitu...kalau space-nya terbatas kan gak bisa gitu
itu kan cuma alternatif saja.
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby offline » 10 May 2010, 16:11

blackshirt wrote:
DVD repository itu cara penggunaannya adalah dengan meng-Copy seluruh DVD repository-nya (7 DVD repo karmic) terlebih dahulu ke harddisk bro.,misalnya di alamat /home/namauser/repository..


gak harus gitu...kalau space-nya terbatas kan gak bisa gitu
itu kan cuma alternatif saja.

akan lebih baik bila dikopi ke HD, biar gak berkali2 memasukan cd juga biar cepet install/remove aplikasi
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby blackshirt » 10 May 2010, 16:24

memang menguntungkan jika berada di file sistem lokal semacam hardisk..
lebih cepat, tidak repot.

tapi kelemahanya harus punya space hardisk yang besar.
bayangkan saja kalau ada 7 DVD, maka memerlukan kira-kira 4 GB x 7 = 28 GB space hd kita...

kalau hardisk besar seh ga masalah, lha kalau yang mepet, kan repot..
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby offline » 10 May 2010, 16:32

blackshirt wrote:memang menguntungkan jika berada di file sistem lokal semacam hardisk..
lebih cepat, tidak repot.

tapi kelemahanya harus punya space hardisk yang besar.
bayangkan saja kalau ada 7 DVD, maka memerlukan kira-kira 4 GB x 7 = 28 GB space hd kita...

kalau hardisk besar seh ga masalah, lha kalau yang mepet, kan repot..

nabung lagi deh buat beli HD internal/Xternal buat nyimpen reponya hehehehe :D
User avatar
wigfranz
Posts: 240
Joined: 01 Feb 2010, 22:20
Location: Malang, Indonesia

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby wigfranz » 12 May 2010, 17:40

Bro Dian, kalo space hardisknya cukup, jauh lebih baik dikopi semua reponya (1 DVD = 1 folder).
Kalo sudah, tinggal arahkan saja Ubuntu utk mengakses repo di hardisk tadi, dan bukannya mengakses server/internet. Klo mengikuti langkah2 yg diberi rekan2, pasti bisa koq. Coba aja lagi Bro...
User avatar
komink123
Posts: 2
Joined: 10 May 2010, 21:46
Location: manggar

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby komink123 » 13 May 2010, 00:17

kok ndak bs internetan pk modem ya di ubuntu >_<
maw denger musik jg ndak bs kudu donlot file apa gitu
ks tau tmpt dpt filenya donk
User avatar
ninja
Posts: 2260
Joined: 27 Jan 2010, 16:23
Location: Tangerang, Banten, indonesia
Contact:

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby ninja » 13 May 2010, 03:20

modemnya apa bro komink123?
kalo mau denger segala jenis musik...
coba install paket
ubuntu-restricted-extras
dengan catatan sudah terhubung ke internet.
User avatar
zarkasichan
Posts: 1527
Joined: 01 Jan 2010, 01:57
Location: Samarinda, Indonesia
Contact:

Re: Install program error lagi error lagi? susah amat?

Postby zarkasichan » 13 May 2010, 10:14

komink123 wrote:kok ndak bs internetan pk modem ya di ubuntu >_<
maw denger musik jg ndak bs kudu donlot file apa gitu
ks tau tmpt dpt filenya donk

kalau mau denger mp3 harus install restricted-extras dulu bro..
Buka Terminal dan jalankan perintah :

Code: Select all

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

harus konek internet tapinya..

bisa dong internetan via modem di ubuntu.., asalkan settingnya bener...pake modem USB ya??

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests