Sound lappy saya tersendat-sendat

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 09 May 2010, 16:00

Assalamu'alaikum teman-teman..
saya punya kasus dengan jaunty lagi nih.. Jadi kasus kali ini seperti ini:
Lappy saya adalah compaq cq 40. Awal saya menginstall jaunty di lappy saya, ada masalah dengan sound-nya. Bukan karena ketiadaan GStreamer. Sekalipun saya menambahkan GStreamer, sound saya masih tidak keluar. Akhirnya setelah saya google, memang ada bug di sisi sound untuk Jaunty dengan versi lappy saya. Sekarang sound saya sudah berfungsi baik. Akan tetapi, masalahnya sekarang adalah, ketika saya memainkan musik lewat Totem, sering kali musiknya putus-putus... Apalagi ketika saya sedang asik coding dengan Netbeans yang bikin berat jdk. Tambah sendat-sendat mulu nih musiknya. Kasus ini akan sering muncul jika Jaunty merefresh display layar. Misalkan pada saat saya memindahkan active windows dari halaman Netbeans ke firefox, saat display sedang direfresh, maka sound dari Totem pasti putus-putus. Kadang-kadang malah sound saya muncul keluar suara "kemresek" setelah selesai suara adzan dari minbar. Apakah ada cara untuk mengatasi masalah saya ini? Mohon bantuannya teman-teman...
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby aptfast » 09 May 2010, 17:04

bisa gambarkan spesifikasi laptop ente disini? :)
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 10 May 2010, 20:44

Compaq CQ40 337TU
RAM=1GB
SWAP=4GB
Linux Ubuntu jaunty

Bisa dilihat di sini mas:
http://netbookspecification.blogspot.co ... 337tu.html
ini spesifikasinya:
Intel� Pentium� Dual-Core Processor T4200-2.0Hz (1MB Cache,667MHz FSB) | 1024MB DDR2 SDRAM (1 keping) | 250GB HDD SATA (5400rpm) | 14.1"Wide Bright View | supermulti DVD+RW DL | Integrated 802.11b/g | Intel GMA 4500MHD | 5-In-1 Media Card Reader | HDMI port | DOS | Integrated Compaq WEBCAM | Bag & 1 Year Warranty | Weight 2.4Kg | NO Bluetooth
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby aptfast » 10 May 2010, 21:40

bro mudzakkir, sepertinya ini memang bugs nya jaunty
saya juga pernah ngalamin dg laptop zyrez cruiser gfs

btw, tdk mempertimbangkan upgrade ke netbook remix nya karmic/lucid?

:)
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby thrvers » 11 May 2010, 00:33

'
apa mungkin yg bikin sendat2 pulseaudio-nya??
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby offline » 11 May 2010, 08:10

aptfast wrote:bro mudzakkir, sepertinya ini memang bugs nya jaunty
saya juga pernah ngalamin dg laptop zyrez cruiser gfs

btw, tdk mempertimbangkan upgrade ke netbook remix nya karmic/lucid?

:)

saya sependapat sama aptfast, Jaunty sudah rilis setahun yg lalu.mungkin supportnya sudah berkurang karena bukan LTS.Pakai Ubuntu yang baru rilis aja yang masih full support.
CMIIW
User avatar
ohdediku
Posts: 386
Joined: 07 Mar 2010, 09:17
Location: Sragen - Jogja
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby ohdediku » 11 May 2010, 12:06

coba diutak-atik bagian player sound preferences nyaa....
entah itu diganti pulse audio, alsa, OSS atau laiinya.. :)
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 11 May 2010, 16:37

Di komputer saya pilihan update tidak muncul. Sekalipun saya sudah mengupdate semua paket yang saya install. Biasanya kan di update manager muncul pilihan untuk upgrade ke ubuntu yang lebih baru. Ada saran? Lalu pertimbangannya yang perlu di lihat apa, jika saya mengupgrade ke Lucyd?Apakah ada kemungkinan software yang lama akan bermasalah?
User avatar
ohdediku
Posts: 386
Joined: 07 Mar 2010, 09:17
Location: Sragen - Jogja
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby ohdediku » 11 May 2010, 21:53

coba liat source listnya mengarah kemana? [paste dimari yak]
$cat /etc/apt/source.list

mmm....
kemungkinan bermasalah ada untuk mengupgrade suatu sistem, entah itu library atau lainnya. saran ane sih ya install fresh aja. :)
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 12 May 2010, 00:57

deb cdrom:[Ubuntu 9.04 _Jaunty Jackalope_ - Release i386 (20090420.1)]/ jaunty main restricted
deb-src http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty restricted main multiverse multiverse universe #Added by software-properties
# See http://help.ubuntu.com/community/UpgradeNotes for how to upgrade to
# newer versions of the distribution.


## Major bug fix updates produced after the final release of the
## distribution.
deb http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-updates main restricted universe
deb-src http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-updates main restricted multiverse universe #Added by software-properties

## N.B. software from this repository is ENTIRELY UNSUPPORTED by the Ubuntu
## team. Also, please note that software in universe WILL NOT receive any
## review or updates from the Ubuntu security team.

## N.B. software from this repository is ENTIRELY UNSUPPORTED by the Ubuntu
## team, and may not be under a free licence. Please satisfy yourself as to
## your rights to use the software. Also, please note that software in
## multiverse WILL NOT receive any review or updates from the Ubuntu
## security team.

## Uncomment the following two lines to add software from the 'backports'
## repository.
## N.B. software from this repository may not have been tested as
## extensively as that contained in the main release, although it includes
## newer versions of some applications which may provide useful features.
## Also, please note that software in backports WILL NOT receive any review
## or updates from the Ubuntu security team.
# deb http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-backports main restricted universe multiverse
# deb-src http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-backports main restricted universe multiverse

## Uncomment the following two lines to add software from Canonical's
## 'partner' repository.
## This software is not part of Ubuntu, but is offered by Canonical and the
## respective vendors as a service to Ubuntu users.
deb-src http://archive.canonical.com/ubuntu jaunty partner

deb http://security.ubuntu.com/ubuntu jaunty-security main restricted universe
deb http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty multiverse restricted universe main
deb-src http://security.ubuntu.com/ubuntu jaunty-security main restricted multiverse universe #Added by software-properties
deb http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-proposed restricted main multiverse universe
deb-src http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-proposed restricted main multiverse universe
deb http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-backports restricted main multiverse universe
deb-src http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ jaunty-backports restricted main multiverse universe
# deb cdrom:[Ubuntu 9.04 _Jaunty Jackalope_ - Release i386 (20090420.1)]/ jaunty main restricted
deb http://ppa.launchpad.net/openoffice-pkgs/ppa/ubuntu jaunty main

deb http://ppa.launchpad.net/bisigi/ppa/ubuntu jaunty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/bisigi/ppa/ubuntu jaunty main
deb http://oss.oracle.com/debian stable main non-free

deb http://ppa.launchpad.net/ubuntume.team/ubuntu jaunty main # Ubuntu Muslim Edition
deb-src http://ppa.launchpad.net/ubuntume.team/ubuntu jaunty main # Ubuntu Muslim Edition

deb http://deb.opera.com/opera/ stable non-free

deb-src http://ppa.launchpad.net/sabily.team/ppa/ubuntu jaunty main

deb http://download.tuxfamily.org/syzygy42/ jaunty avant-window-navigator
deb-src http://download.tuxfamily.org/syzygy42/ jaunty avant-window-navigator

deb http://ppa.launchpad.net/bugbear5/ooo-jaunty/ubuntu jaunty main

deb http://ppa.launchpad.net/mozillateam/fi ... ble/ubuntu jaunty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/mozillateam/fi ... ble/ubuntu jaunty main



deb http://ppa.launchpad.net/tualatrix/ubuntu jaunty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/tualatrix/ubuntu jaunty main
deb http://ppa.launchpad.net/blueman/ppa/ubuntu jaunty main
deb http://ppa.launchpad.net/blueman/ppa/ubuntu jaunty main
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 18 May 2010, 09:42

Kalau gitu pakai music player apa bro, yang bagus?Pakai amarok nge-bug juga. Jadi kadang-kadang suaranya jadi "kemresek" kalau pakai Amarok.. Malah kadang ga keluar. Ada bug-nya di amarok. Tapi suaranya Ok kalau pakai amarok. Pakai Totem suaranya putus-putus. Pakai audacius suaranya ga Ok, ga sebagus amarok atau totem. Ada saran?
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby thrvers » 18 May 2010, 12:30

'
mungkin plugin di amaroknya ada yg bikin tersendat2.

barangkali jg setting equalizer/sound effect-nya.

cmiiw
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 18 May 2010, 12:54

Amaroknya nge bug jadi dia mengubah settingan volume control-nya kadang-kadang. Yang bagian PCM. Jadi kadang malah bikin kacau saja. Kalau sudah kacau, kalau ga di restrart lalu pilih booting yang recovery mode, dia ga mau balik lagi.
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby aptfast » 18 May 2010, 12:59

rhythmbox bgmana? dah dicoba?
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 18 May 2010, 21:26

Bro, sekarang berkurang bro, aku setting display-nya biasa saja. Di totem-nya. KLik menu : Edit-Preferences. klik tab display, lalu set visual effects:
Show visual effects when an audio file is played - di UnCheck. Seep!
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 18 May 2010, 21:30

rhythmbox, aku dah coba bro..
juga berat, dan putus-putus.. Aku lebih prefer dengan Totem. All in One. Bisa mainkan video, n music. Original from jaunty.
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 18 May 2010, 21:41

rhythmbox lebih parah dari Totem...banyak banget bug-nya.
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby thrvers » 18 May 2010, 22:53

'
pa mungkin cz memory tipis bro?? spek lappy apaan?? prosesor & memory-nya...
User avatar
Mth
Posts: 276
Joined: 07 Mar 2010, 09:11
Location: Bekasi

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby Mth » 18 May 2010, 23:35

User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Sound lappy saya tersendat-sendat

Postby thrvers » 18 May 2010, 23:49

'
maap q nda baca dr awal :D

aneh jg, apa mungkin swap 4GB terlalu besar?? ngaruh nggak ya??
ato cz compiz yg aktif??

spek lappy dah bagus pdahal.

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests