bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
antonicl
Posts: 104
Joined: 22 May 2013, 21:05
Location: Jakarta
Contact:

bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby antonicl » 22 May 2013, 21:18

gan tolong bantuan nya dong ane pake ubuntu 12.04 lts . gimanabiar bisa terhubung ke internet .? ane pake modem smartfren ac682 . mohon bantuannya gan

uda ane cari di google . tapi ga ada yang berhasil
User avatar
Zeys
Posts: 14
Joined: 17 May 2013, 19:34
Location: Medan

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby Zeys » 23 May 2013, 04:19

1. ente harus terhubung dulu ke internet untuk instal wvdial
2. kalau sudah lalu ente masuk terminal "ctrl+alt+t"
3. ente instal wvdial "sudo apt-get install wvdial"
4. kalau sudah sukses, coba colokkan modemnya smartfrennya
5. terus dari terminal tadi itu ketik "lsusb" untuk cek di usb berapa dia di colok
6. kalau sudah ditek akan tampil seperti ini gan, ne punya ane
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 003: ID 201e:2009
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 001 Device 004: ID 0bda:0158 Realtek Semiconductor Corp. Mass Storage Device
Bus 001 Device 003: ID 04f2:b071 Chicony Electronics Co., Ltd 2.0M UVC Webcam / CNF7129
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
7. Nah liat gan baris seperti ini dari kode di atas "Bus 002 Device 003: ID 201e:2009" itu artinya modem sudah ditek
8. Langkah berikutnya mengedit wvdial.conf. Caranya ketik di terminal "sudo gedit /etc/wvdial.conf" enter
9. akan tampil lembar kosong sepeti Notepad, nah disitu isikan kode berikut ini gan

[Dialer Defaults]
Init = ATZ
Init = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1; &D2; +FCLASS=0
Modem Type = USB Modem
Baud = 921600
Modem = /dev/ttyUSB0
Phone = #777
Username = smart
Password = smart
New PPPD = yes
Stupid Mode = 1

10. kalau sudah benar kodenya lalu tkan "ctrl+s" habis itu keluar tekan "ctrl + q"
11. gan jangan lupan "Modem = /dev/ttyUSB0" ini adalah kode di usb mana modem di colok, dan kalau misal di colok di usb 0 maka itu kode nya, kalau di colok di usb 1 maka itu yang USB0 diganti USB1.
12. kalau sudah dicolok di USB0 ato USB1, saat ngonek kan itu gak bisa di pindah2 ya gan soalnya ntar saat dikonekkan dia cuman baca port usb yang kita tulis tadi.
kalau sudah coba masuk terminal lagi, ketik "lsusb" untuk memastikan apakah sudah ditek ato belum
13. kalau sudah langsung aja ketik dari terminal juga "sudo wvdial" lalu masukkan pass laptop agan
habis itu jadi dech gan

untuk lebih jelas nya ini video nya gan "http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=UWsAYbrZL0Q#!"

mudah2an membantu ya.. gan
salam hangan
zeys
User avatar
antonicl
Posts: 104
Joined: 22 May 2013, 21:05
Location: Jakarta
Contact:

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby antonicl » 23 May 2013, 09:41

gan pada baris pertama kan katanya harus terhubung ke internet namun , modem pun belum bisa konek . bagaimana untuk terhubung e internet .
thanks gan
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby husnia » 23 May 2013, 10:10

ke warnet dulu ato kalo laptop bawa ke area HOTSPOT. trus download deh itu wvdial :grin:
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby husnia » 23 May 2013, 10:24

tanpa wvdial 'mungkin' bisa juga kok..

1.tancap modemnya
2.cek por modemnya pake perintah 'ls /dev/ttyUSB*'
3.kalo hasilnya '/dev/ttyUSB0' brarti sdh bisa konek.
4.kalo belum cek pake 'lsusb'
5.catet kode vendor & product nya (tergantung merek)
contoh: 'Bus 002 Device 003: ID 201e:2009'
6.ketik 'sudo modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x2009' (sesuaikan kodenya)
7.cek lagi 'ls /dev/ttyUSB*'
8.tunggu sebentar.....trus cek di "system tray" bagian 'network manager'
9.baca & ikuti tutorial cara nyeting modem pake network manager :D
...
User avatar
antonicl
Posts: 104
Joined: 22 May 2013, 21:05
Location: Jakarta
Contact:

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby antonicl » 23 May 2013, 18:55

thanks ya gan ..
pas perintah Isusb ga ada reaksi soalnya gan ..
katanya perintahnya salah ...


Oh iya gan .
dimana tempat diletakan wvdial dalam directory . agar sudo apt-get wvdial dapat dijalankan dengan baik???
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby husnia » 23 May 2013, 21:56

sudah ikut langkah2 dr saya? macet di mana?

masa' sih 'lsusb' ga ada reaksi?


'sudo apt-get install wvdial' sudah otomatis om
User avatar
Zeys
Posts: 14
Joined: 17 May 2013, 19:34
Location: Medan

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby Zeys » 23 May 2013, 22:43

salah agan mungkin
itu perintahnya "LSUSB" jangan salah ketik "isusb" :)
User avatar
antonicl
Posts: 104
Joined: 22 May 2013, 21:05
Location: Jakarta
Contact:

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby antonicl » 24 May 2013, 11:09

Zeys :Oh bukan isusb ya gan tapi lsusb .. Pake L bukan I
Husnia : [img:center]http://pic.twitter.com/YpzmmGpRAS[/img]. Pas di dial ga mau gan ..
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby husnia » 24 May 2013, 16:37

pake wvdial ya? nunggu bro Zeys aja kalo gitu :grin:

saya kurang paham kalo pake wvdial. jarang pake sih :D

btw. monitornya gak usah dipoto.. isi terminalnya aja yg di-copy-paste di mari :)
User avatar
SetyaNux
Posts: 84
Joined: 29 Apr 2013, 22:08
Location: Jabar

Re: bagaimana sih setup modem cdma biar bisa ke baca

Postby SetyaNux » 24 May 2013, 16:54

[quote=Antoni12345]Zeys :Oh bukan isusb ya gan tapi lsusb .. Pake L bukan I
Husnia : [img:center]http://pic.twitter.com/YpzmmGpRAS[/img]. Pas di dial ga mau gan ..


Saya jg pake wvdial om, klo errornya cannot open kaya gtu biasanya saya cabut trus pasang lg itu modemnya. mungkin aja ga kebaca sebagai modem. apa udah di sudo modprobe atau blm?