[ask] nambah kapasitas data di ubuntu

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
SetyaNux
Posts: 84
Joined: 29 Apr 2013, 22:08
Location: Jabar

[ask] nambah kapasitas data di ubuntu

Postby SetyaNux » 21 May 2013, 06:58

Mohon bantuannya gan, mau tanya donk gmn cara nambah kapasitas di partisi yg udah dibuat di ubuntu.
Attachments
Screenshot from 2013-05-21 06:50:33.png
Screenshot from 2013-05-21 06:50:33.png (76.98 KiB) Viewed 169 times
User avatar
SetyaNux
Posts: 84
Joined: 29 Apr 2013, 22:08
Location: Jabar

Re: [ask] nambah kapasitas data di ubuntu

Postby SetyaNux » 21 May 2013, 07:02

Keterangannya:
sda1=13.04 (primary)
sda2=windows (primary)
sda5=12.04 (logical)
unallocated=dibuat diwindows partisi logical tp ga bs di apa2in klo format ext4 di windows
mohon bantuannya ya....THX
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: [ask] nambah kapasitas data di ubuntu

Postby offline » 21 May 2013, 07:45

setahu saya kalo unallocated partisi tdk bisa dibantai kalo partisi primary berjumlah 4.kalo melihat susunan partisinya si om yg primarynya baru 2 maka saya kira bisa dibuild lagi unallocatednya.
btw dah coba di gparted utk membuat partisi baru di unallocated itukah?
User avatar
SetyaNux
Posts: 84
Joined: 29 Apr 2013, 22:08
Location: Jabar

Re: [ask] nambah kapasitas data di ubuntu

Postby SetyaNux » 21 May 2013, 07:54

iya om, maksimal 3 primary. itu swap saya kebaca primary krn kejepit antara 2 primary lain walaupun saya bikinnya logical. jd waktu saya buat partisi baru ga mau krn di gparted langsung jd primary. apakah ada cara lainnya mas bro
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [ask] nambah kapasitas data di ubuntu

Postby thrvers » 21 May 2013, 15:52

'
apakah sda5 yg mau diperbesar dari unalocated?
kalau iya:
    sda3 - klik kanan - resize - masukkan semua unalocated ke sda3
    sampai 'free space proceeding 0MB' dan 'free space following 0MB'
  • apply dulu
  • sda5 - klik kanan - resize - masukkan semua unalocated ke sda5
    sampai 'free space proceeding 0MB' dan 'free space following 0MB'
  • apply lagi
nb: cara diatas hanya untuk memperbesar partisi tanpa mountpoint

-selamat mencoba-
User avatar
SetyaNux
Posts: 84
Joined: 29 Apr 2013, 22:08
Location: Jabar

Re: [ask] nambah kapasitas data di ubuntu

Postby SetyaNux » 21 May 2013, 17:00

Iya om, ternyata harus lewat sda3 dulu ya. saya nyobanya geser sda5 aja ga nyoba dari sda3. tp sukses om. ada sisa 2mb tp saya akalin aja yg sisa itu saya jadiin partisi swap.
"Problem Solved". Terima Kasih om thrvers.
Attachments
Screenshot from 2013-05-21 16:54:59.png
Penampakan Terbaru
Screenshot from 2013-05-21 16:54:59.png (50.67 KiB) Viewed 154 times

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests