[SOLVED][ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Semua mengenai lingkungan desktop Ubuntu.
User avatar
belthsazar
Posts: 1300
Joined: 02 Jul 2011, 04:38
Location: Surabaya, Indonesia

[SOLVED][ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby belthsazar » 19 Apr 2013, 06:38

Seperti judulnya, saya ada masalah di Xorg yg gak mau jalan. Jadi sama sekali gak bisa masuk GUI. Maksimal cuma sampe splash screen, trus layar kayak mati gitu. Jadi trik saya, tepat habis splash muncul, saya tekan panah buat nampilin verbose. Ujung2nya masuk ke tty1. Kronologi sebelum terjadi insiden ini *ciee.. insiden..* yaitu update biasa, trus pasang ppa ubuntu tweak, kubuntu backport, webupd8. Trus update lagi, instal Ubuntu Tweak sama kubuntu-desktop yg keinstal KDE 4.10.2 tapi kayaknya Synaptic ngetroll. Banyak yg diremove (termasuk ubuntu-desktop, tapi saya reinstal manual via Synaptic). Trus abis restart, bisa masuk desktop, tapi touchpad gak jalan. Next, nyalain Ubuntu Tweak dan bersih2. Lanjut dgn ganti folder Documents, Downloads, Music ke partisi lain (gak auto mount). Trus dimatiin. Besoknya (tadi pagi) udah gak bisa ke desktop. Perintah startx gagal (file /etc/X11/X gak ada. Outputnya 'no such file or directory, aborting', trus coba bikin file X sendiri pake nano
Jg gagal), coba pake xinit juga gagal. Pas di ctrl-c, output xinit bilang 'unable to connect to X server'. Pake /etc/init.d/lightdm start juga stuck. Update tadi pagi bawa secercah harapan *ciee..* soalnya ada xserver-core dkk. Tapi nyatanya sama aja gak bisa. Saya pake Precise, procie Intel Core i5 Iron Lake, GPU AMD ATi Mobility Radeon HD 5470, Acer 4745G. Gak ada driver proprietary dari additional driver. Semua generic dari Precise. Tolong dong bantu. Search Google gak ketemu yg pas nih.
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: [ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby offline » 19 Apr 2013, 07:28

dibuat simpel om hehe,masih lum paham saia :grin:
intinya pake OS apa?
spek PC?
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: [ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby sta » 19 Apr 2013, 09:20

coba si lightdm di resinstall
truns coba install http://support.amd.com/us/gpudownload/l ... linux.aspx
User avatar
belthsazar
Posts: 1300
Joined: 02 Jul 2011, 04:38
Location: Surabaya, Indonesia

Re: [ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby belthsazar » 19 Apr 2013, 11:19

@ bang yogi ada di atas bang. Precise. Speknya bawah ndiri. Di signatur saya jg ada.
@ bang sta ntar dicoba deh bang. lagi kuliah. hahaha..
User avatar
belthsazar
Posts: 1300
Joined: 02 Jul 2011, 04:38
Location: Surabaya, Indonesia

Re: [ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby belthsazar » 20 Apr 2013, 11:56

solved. inul. hahaha.. pusing gak kelar2. udah coba cara dari bang sta, cara2 dari google, gak mempan.
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby thrvers » 20 Apr 2013, 22:17

'
belthsazar wrote:.......file /etc/X11/X gak ada. Outputnya 'no such file or directory, aborting', trus coba bikin file X sendiri pake nano
Jg gagal....

kalau sudah inul coba buat file yg 'gak ada' tersebut kak belthsazar, mungkin kejadian lagi :grin:

dishare juga ya...
User avatar
belthsazar
Posts: 1300
Joined: 02 Jul 2011, 04:38
Location: Surabaya, Indonesia

Re: [ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby belthsazar » 21 Apr 2013, 17:15

seharusnya ada kok. ini abis inul trus buka folder etc/X11 dan file 'X'nya ada. tapi entah kenapa ada simbol link.
Attachments
Screenshot from 2013-04-21 17:12:34.png
Screenshot from 2013-04-21 17:12:34.png (66.23 KiB) Viewed 290 times
User avatar
belthsazar
Posts: 1300
Joined: 02 Jul 2011, 04:38
Location: Surabaya, Indonesia

Re: [ASK] Xorg Server Gak Mau Jalan

Postby belthsazar » 21 Apr 2013, 17:18

setelah dibuka propertiesnya, ternyata emang link
Attachments
Screenshot from 2013-04-21 17:15:06.png
Screenshot from 2013-04-21 17:15:06.png (39.53 KiB) Viewed 289 times

Return to “Ubuntu Desktop”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests