[Ask] Aplikasi Untuk Mengamankan Webserver

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
User avatar
LinuxSaleh
Posts: 51
Joined: 21 Apr 2010, 19:38

[Ask] Aplikasi Untuk Mengamankan Webserver

Postby LinuxSaleh » 03 May 2010, 20:13

Aplikasi2 apa saja yg wajib ada bila kita punya server yg dipakai buat webserver. Agar webserver kita aman dari hacker, agar website kita tidak bisa dideface, datanya tidak bisa diambil, dll.

Terus bagaimana cara mengetahui kalau ada penyusup yg berusaha membobol server kita?


Terima kasih.
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: [Ask] Aplikasi Untuk Mengamankan Webserver

Postby blackshirt » 05 May 2010, 16:14

pertama, keamanan itu berkaitan dengan kebijakan dan kebiasaan..
kalau kebiasaan admin-nya ceroboh, yang tentu jadi gak aman..itu yang perlu diinget..

selain itu, mungkin yang dimaksud adalah dari sisi software..
1. gunakan webserver yang sudah teruji secure..apache, lighttpd, nginx
2. gunakan OS yang juga terbukti tangguh, Linux, BSD, Unix...
3. Install paket-paket yang benar-benar diperlukan aja..kalau bisa yang paling patch terakhir..contohnya, kalau dipakai webserver, usahakan juga jangan digabung dengan server lain
4. dll..
User avatar
suryayusra
Posts: 394
Joined: 05 May 2010, 15:54
Location: Palembang, Indonesia
Contact:

Re: [Ask] Aplikasi Untuk Mengamankan Webserver

Postby suryayusra » 05 May 2010, 17:58

klo ane kasih sedikit saran, bukan hanya dari segi konfigurasi network nya, tapi kenyataan yang terjadi adalah ketangguhan dari coding (baris-baris) program yang kita buat :D klo OS seh semua nya sama hebat :D
yang bahaya klo web nya pake CMS, soal nya klo ada bug , yah itu tuh menjadi rahasia publik :D

Return to “Ubuntu Server”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests