Bagaimana mengembalikan grub yang hilang

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
Wegig
Posts: 253
Joined: 26 Jan 2013, 16:06
Location: Surabaya

Bagaimana mengembalikan grub yang hilang

Postby Wegig » 29 Jan 2013, 05:50

Begini, ini sebetulnya masalah klasik yang sudah lama jadi masalah paling besar dan paling susah untuk mencari solusinya bahkan pak google sudah lempar handuk kalau tanya ini.

Bagaimana jika entah karena apa, saya yang memiliki dualboot dengan jendela belanda dan ubuntu yang sangat tercinta, lalu suatu saat si jendela merasa diduakan dan memilih untuk kena virus (misal saja) dan dengan sangat terpaksa saya harus install ulang si jendela belanda. Nah pertanyaannya adalah, kemana perginya tampilan grub yang nice itu? ubuntu hilang dan seperti para user linux lain, tentu butuh waktu panjang untuk mengembalikan setingan yang sudah susah - susah dibuat plus update lalu upgrade yang lama.

Sudah keliling beberapa tahun di google untuk cari solusinya dan selalu kembali pada jalan buntu. tolonglah bagi para warga yang sudah pernah mengalami masalah ini dan berhasil mengembalikan grub linux sebelumnya. Tolong di share.

Memang sekarang ubuntu ku masih nice dan duduk tenang dipartisi yang sudah aku buat. Tapi jika si jendela belanda sengaja bikin ulah gimana? semua sudah pada tau kan, betapa mudahnya virus di jendela itu masuk dan merusak.

Maaf, tapi single os ubuntu saja bukan solusi. kadang pekerjaan menghadapkan kita pada realita, meski berusaha bilang sana sini bahwa saya cocok dengan draftsight dan tolonglah saya tidak bisa tutup mata kalau autocad punya kita itu hasil membajak. Tapi ini terjadi diantara kita bukan? ya, jadi tolong bantuannya...
User avatar
Wegig
Posts: 253
Joined: 26 Jan 2013, 16:06
Location: Surabaya

Re: Bagaimana mengembalikan grub yang hilang

Postby Wegig » 29 Jan 2013, 07:07

wah, ini mungkin berita gembira buat yang kesulitan mengembalikan grub ubuntu yang ke overwrite oleh jendela belanda.

Ada sebuah proyek Boot-Repair dan ini cara paling mudah untuk mengembalikan grub ubuntu, langsung saja silahkan baca ini;

https://help.ubuntu.com/community/Boot-Repair

info lengkap disana. kelihatannya solve deh...

semoga berguna.
User avatar
pingsut
Posts: 754
Joined: 16 May 2010, 18:05
Location: Yogyakarta
Contact:

Re: Bagaimana mengembalikan grub yang hilang

Postby pingsut » 02 Feb 2013, 11:40

Udah solve nih bro?

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests