laptop gak mau mati

Aplikasi-aplikasi diubuntu: • Aplikasi Grafis •
Aplikasi Internet •
Aplikasi Office •
Aplikasi Sound & Video •
Aplikasi Programming
User avatar
edubuntu
Posts: 33
Joined: 20 Nov 2012, 17:38
Location: bekasi, indonesia

laptop gak mau mati

Postby edubuntu » 22 Jan 2013, 16:08

gan, labtop ane kadang2 suka gak mau mati
tolong soludinya gan ???
User avatar
oragon
Posts: 64
Joined: 23 Oct 2012, 15:04
Location: Nganjuk,indonesia

Re: laptop gak mau mati

Postby oragon » 23 Jan 2013, 15:10

coba buka terminal ,masuk root trus ketik init 0
User avatar
edubuntu
Posts: 33
Joined: 20 Nov 2012, 17:38
Location: bekasi, indonesia

Re: laptop gak mau mati

Postby edubuntu » 25 Jan 2013, 10:59

ane coba selama seminggu gan
makasih atas saranya
User avatar
edubuntu
Posts: 33
Joined: 20 Nov 2012, 17:38
Location: bekasi, indonesia

Re: laptop gak mau mati

Postby edubuntu » 28 Jan 2013, 09:01

berhasil gan, makasih banyak gan
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby Malsasa » 28 Jan 2013, 22:06

Solved? Cuma dengan ketik init 0 saja? Keren, Kang Ora!
User avatar
pingsut
Posts: 754
Joined: 16 May 2010, 18:05
Location: Yogyakarta
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby pingsut » 29 Jan 2013, 22:05

edubuntu wrote:ane coba selama seminggu gan
makasih atas saranya

:D
User avatar
Wegig
Posts: 253
Joined: 26 Jan 2013, 16:06
Location: Surabaya

Re: laptop gak mau mati

Postby Wegig » 31 Jan 2013, 07:54

oragon wrote:coba buka terminal ,masuk root trus ketik init 0

tepat sasaran banget. ijin copy buat arsip pribadi gan. di solve deh ts.
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: laptop gak mau mati

Postby offline » 31 Jan 2013, 08:41

btw sudah coba sudo shutdown -h now atau sudo halt ?
User avatar
edubuntu
Posts: 33
Joined: 20 Nov 2012, 17:38
Location: bekasi, indonesia

Re: laptop gak mau mati

Postby edubuntu » 31 Jan 2013, 17:04

sudah tapi tetep gak mau gan, berhasil pake sudo init 0
User avatar
rain
Posts: 52
Joined: 05 Oct 2012, 19:52
Location: Bandar Lampung
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby rain » 05 Feb 2013, 07:05

iya kadang saya pake sudo halt ga mau mati. dia cuma nanggung2. saya pake ubuntu studio 12.04,
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby Malsasa » 05 Feb 2013, 23:06

Iya, saya juga pernah mengalaminya. Cukup mengganggu. Terima kasih akang semua. Saya dapat ilmu baru sudo init 0.
User avatar
edubuntu
Posts: 33
Joined: 20 Nov 2012, 17:38
Location: bekasi, indonesia

Re: laptop gak mau mati

Postby edubuntu » 15 Feb 2013, 10:29

gan kok di 'sudo init 0' malah ngerestart sekarang?
minta solusinya gan?
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby Malsasa » 15 Feb 2013, 10:55

sudo shutdown -h now
User avatar
nif
Posts: 2817
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: laptop gak mau mati

Postby nif » 15 Feb 2013, 11:02

rain wrote:iya kadang saya pake sudo halt ga mau mati. dia cuma nanggung2. saya pake ubuntu studio 12.04,

setau saya halt memang seperti itu; mematikan semua proses lalu idle menunggu kita mematikan power.
kalo mau sekalian mematikan power-nya, coba sudo poweroff

cmiiw
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby Malsasa » 15 Feb 2013, 12:30

nif wrote:coba sudo poweroff
cmiiw

Oooh, langsung saya praktikkan dan berhasil juga.

Rangkuman perintah mati:

- sudo halt
- sudo poweroff
- sudo init 0
- sudo shutdown -h now
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby sta » 15 Feb 2013, 13:11

edubuntu wrote:gan, labtop ane kadang2 suka gak mau mati
tolong soludinya gan ???
coba diupdate om, kan udah ada 12.04.2
User avatar
faqih_dan_kucing
Posts: 117
Joined: 20 Mar 2016, 15:54
Location: /home/faqih

Re: laptop gak mau mati

Postby faqih_dan_kucing » 15 Feb 2013, 14:45

lebih baik menggunakan perintah " sudo shutdown -h now " :)
User avatar
nif
Posts: 2817
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: laptop gak mau mati

Postby nif » 15 Feb 2013, 21:34

@Malsasa : kalo setau saya malah rangkumannya seperti ini kang;

>> perintah shutdown (mematikan power)
- sudo poweroff
- sudo shutdown -P now
- sudo init 0

>> perintah reboot/restart
- sudo reboot
- sudo shutdown -r now
- sudo init 6

>> perintah halt
- sudo halt
- sudo shutdown -H now

* sudo shutdown -h now : bisa jadi halt, bisa jadi poweroff, tergantung sistemnya

bener gak ya? :confused:

cmiiw
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: laptop gak mau mati

Postby Malsasa » 15 Feb 2013, 22:15

Rapi, Kang.

Apa bedanya halt, shutdown, dengan poweroff? Hasilnya sama saja di mesin saya.
User avatar
nif
Posts: 2817
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: laptop gak mau mati

Postby nif » 16 Feb 2013, 08:36

kalo saya baca dari sini, aslinya poweroff = menghentikan semua pekerjaan, lalu mematikan power. Sedangkan halt = menghentikan pekerjaan, tidak termasuk mematikan power. Tapi sepertinya saat ini halt sering didesain untuk langsung otomatis mematikan power juga (seperti di mesin kang Malsasa), tapi masih ada yang hanya idle (seperti di mesin saya).

maap, sumbernya cuma googling dan ada beberapa yang keterangannya beda2 :confused:

cmiiw

Return to “Aplikasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests