membangun serverr

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
User avatar
interface
Posts: 4
Joined: 30 Mar 2012, 17:20

membangun serverr

Postby interface » 17 Jan 2013, 22:29

assalamualaikumm ...
sya mau tanya nih mastah".., apa saja yang perlu di konfigurasi untuk membangun server yang handal dengan ubuntu server??
ane masih nubie gan masalah linux, mohon pencerahannya
User avatar
q_p
Posts: 3109
Joined: 14 Oct 2012, 13:01
Contact:

Re: membangun serverr

Postby q_p » 17 Jan 2013, 23:19

Bisa lebih spesifik mas ? untuk keperluan apa, misalnya web-server atau lainnya ? Mulai dulu dari tujuan, persiapan hardaware dan dana yang tersedia :D
User avatar
interface
Posts: 4
Joined: 30 Mar 2012, 17:20

Re: membangun serverr

Postby interface » 19 Jan 2013, 00:10

untuk buat server jaringan di sekolahan mas..
tapi saya masih bingung apa saja yang perlu di install dalam linux server tersebut..
User avatar
ari_id
Posts: 27
Joined: 16 Sep 2011, 14:18
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: membangun serverr

Postby ari_id » 19 Jan 2013, 00:57

tergantung... mas mau pake linux server apa dulu nih, soalnya banyak variannya ada yang GUI dan CLI? klo ngomongin spek tergantung juga dari berapa jumlah user di sekolah, mau pake kabel apa wireless? klo usernya <100 spek gak usah gede2 lah.

klo bisa lebih detil pertanyaannya...
User avatar
budi11
Posts: 97
Joined: 01 Dec 2012, 19:56
Location: Magetan
Contact:

Re: membangun serverr

Postby budi11 » 20 Jan 2013, 19:15

interface wrote:untuk buat server jaringan di sekolahan mas..
tapi saya masih bingung apa saja yang perlu di install dalam linux server tersebut..


Install aja apache2 sama mysql
apt-get install phpmyadmin apache2

Abis itu download wordpress di http://www.wordpress.org
Install di Ubuntu

Kalau ingin tampilan bagus download theme di http://www.themelock.com
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: membangun serverr

Postby sta » 20 Jan 2013, 19:41

interface wrote:assalamualaikumm ...
sya mau tanya nih mastah".., apa saja yang perlu di konfigurasi untuk membangun server yang handal dengan ubuntu server??
ane masih nubie gan masalah linux, mohon pencerahannya
https://help.ubuntu.com/12.04/servergui ... rguide.pdf
User avatar
q_p
Posts: 3109
Joined: 14 Oct 2012, 13:01
Contact:

Re: membangun serverr

Postby q_p » 21 Jan 2013, 04:28

interface wrote:untuk buat server jaringan di sekolahan mas..
tapi saya masih bingung apa saja yang perlu di install dalam linux server tersebut..
Tidak perlu bingung mas, yang penting anda tahu kemana hendak dituju. Mau membuat server jaringan ya ? Lebih spesifik lagi, mungkin anda bisa menjelaskan jenis layanan apa saja yang anda kehendaki dari server tsb ? misalnya :
1. untuk sharing koneksi internet
2. untuk sharing file/folder
3. untuk sharing printer
4. dan masih banyak lagi
Untuk sementara anda bisa baca2 di link ini mas =
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki ... to#Network

Return to “Ubuntu Server”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 17 guests