[SHARE] Virtualbox – Windows XP lebih cepat 50%

Aplikasi-aplikasi diubuntu: • Aplikasi Grafis •
Aplikasi Internet •
Aplikasi Office •
Aplikasi Sound & Video •
Aplikasi Programming
User avatar
myitanium
Posts: 409
Joined: 14 Jul 2011, 14:56
Contact:

[SHARE] Virtualbox – Windows XP lebih cepat 50%

Postby myitanium » 12 Nov 2012, 12:46

Virtualbox bila salah dikonfigurasi benar-benar bisa menjadi aplikasi virtualisasi yang menyebalkan. Saya sempat salah konfigurasi pengaturan Windows XP guest, akibatnya sistem menjadi lambat, ketahuan pada waktu saya perlu menggunakan Adobe Flash CS5 untuk editing presentasi. Pemakaian CPU oleh aplikasi Adobe Flash CS5 hampir selalu mentok di 100%. Padahal setahu saya dulu tidak begitu. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membuat guest OS Windows XP (mungkin juga Windows lainnya)

1. Matikan IO APIC dan PAE/ENX di bagian system. Ini penyebab utama lambatnya guest OS

2. Berikan Video memory paling tidak 32 MB, dan aktifkan 3D Acceleration dan 2D Acceleration. Anda bisa menggantinya pada bagian Display.

3. Gunakan SATA sebagai controller untuk storage. Bila anda menggunakan Windows XP guest, pastikan sudah menginstalasi driver intel SATA. Bila sudah terlanjur menggunakan IDE sebagai controller, anda tidak bisa begitu saja memindah harddisk utama ke SATA. Tapi masukkan dahulu SATA controller, dan biarkan Windows XP menginstalasi drivernya.

4. Ganti tipe network card virtual ke Intel Pro 1000 MT Server 82545 (buka di bagian network). Ini adalah network card gigabit, transfer rate dan respon rate lebih tinggi daripada AMD PCNet standar virtualbox.

5. Install Virtualbox extensions sesuai dengan versi virtualbox.

6. Install Virtualbox addition sesuai dengan versi virtualbox, bila anda menginginkan dukungan 3D, install virtualbox addition dalam keadaan Windows Safe Mode (tekan F8 waktu guest OS booting)

7. Untuk menekan penggunaan processor, virtualbox perlu dipaksa untuk mengatur ulang urutan prioritas CPU. Solusinya, anda bisa membuat VM baru, beri nama Dummy, dengan RAM hanya 1-4 MB dan video memory 1-4 MB tanpa harddisk. Jalanan VM Dummy ini sebelum VM Windows XP anda, bila VM Dummy error karena tidak terdapat harddisk, tetap biarkan menyala, jangan ditutup.

Versi lengkap bisa lihat di blog saya
http://betweenmeandlinux.wordpress.com/ ... -cepat-50/
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: [SHARE] Virtualbox – Windows XP lebih cepat 50%

Postby Malsasa » 12 Nov 2012, 12:53

Terima kasih, Kang.
User avatar
xgoo
Posts: 21
Joined: 25 Dec 2012, 01:44
Location: Mataram
Contact:

Re: [SHARE] Virtualbox – Windows XP lebih cepat 50%

Postby xgoo » 08 Jan 2013, 16:22

kalau cara konfigurasi networknya gamna gan supaya guest dan host bisa konek.??

Return to “Aplikasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests