apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Aplikasi-aplikasi diubuntu: • Aplikasi Grafis •
Aplikasi Internet •
Aplikasi Office •
Aplikasi Sound & Video •
Aplikasi Programming
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 16:52

Update Sept 2013 :
Saya sudah menyusun ulang tulisan saya di trit ini dalam bentuk ebook.
versi terbaru saat ini :
http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... Post141009


# Pengantar

Ubuntu (dan banyak distro Linux lainnya) menggunakan manajemen software yang berbeda dengan yang kita kenal di Windows. Software-software diperlakukan secara modular dan saling berkaitan satu sama lain (dependensi). Cara seperti ini memiliki banyak keuntungan, terutama dari segi efisiensi; tapi kadang juga agak membingungkan.

Bagi kita yang memiliki akses internet, kebingungan itu tidak terlalu terasa. Kita bisa menggunakan berbagai program manajemen APT yang akan memecahkan masalah dependensi secara otomatis. Salah satu yang paling sering digunakan adalah apt-get. Pengguna Ubuntu pasti sudah familier dengan perintah seperti sudo apt-get update, atau sudo apt-get install aplikasi_X.

Lalu, bagaimana dengan pengguna Ubuntu yang tidak memiliki internet?
Hingga saat ini berbagai alternatif telah dikembangkan untuk memudahkan pengguna Ubuntu yang tidak memiliki internet. Misalnya DVD repository, apt-web, offline installer, apt-offline, keryx, qDebDownloader, synaptic script, dll. Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Dari berbagai alternatif yang berupa software, saya sebenarnya paling senang dengan konsep kerja apt-offline dan synaptic script. Sayangnya, synaptic tidak bisa membuat script untuk update database APT sebagaimana sudo apt-get update (cmiiw); dan saya mengalami beberapa kendala ketika mencoba menggunakan apt-offline :frown: .

Nah, karena itulah beberapa hari yang lalu saya iseng googling2, dapat beberapa bash script, saya coba satukan, modifikasi dikit, akhirnya jadi sebuah program bash script sederhana. Program itu saya beri nama apt-id (lumayan lah daripada gak ada namanya :cool: ).

Di sini, saya mau share tentang apt-id ini. Meski sangat sederhana, tapi siapa tahu ada manfaatnya. Bagi saya, makin banyak alternatif semakin baik. :laugh:

Meskipun tujuan utamanya adalah untuk pengguna yang tidak punya koneksi internet sama sekali, apt-id juga bisa digunakan untuk pengguna yang memiliki koneksi internet tapi terbatas. Salah satu kelebihan apt-id adalah bahwa cara kerjanya hanya mengubah cara mendapatkan file download, tidak mengubah manajemen APT di komputer kita, sehingga dapat digunakan bergantian dengan cara online tanpa menimbulkan masalah.
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 16:53

# Konsep Kerja

Apt-id bukan program yang berdiri sendiri, tetapi hanya sebuah bash script yang berguna mengatur penggunaan apt-get.
Ketika di komputer yang memiliki internet kita memberikan perintah sudo apt-get install aplikasi_X, maka proses yang akan terjadi adalah sebagai berikut :
1. Apt-get akan membaca database APT, lalu membuat daftar berisi file-file .deb apa saja yang diperlukan untuk menginstall aplikasi_X, serta di mana masing2 file tersebut dapat di-download.
2. Apt-get akan men-download semua file .deb sesuai daftar yang telah dibuat.
3. Eksekusi >> menginstall semua file .deb

Bagaimana dengan perintah sudo apt-get update ? Mirip juga, proses yang terjadi kurang lebih seperti ini :
1. apt-get akan membaca daftar Software Sources lalu membuat daftar berisi file-file apa saja yang diperlukan untuk melakukan update (misalnya Packages.bz2), serta di mana masing2 file tersebut dapat di-download.
2. Apt-get akan men-download semua file sesuai daftar yang telah dibuat.
3. Eksekusi >> membaca semua file untuk memperbaharui database APT

Proses yang serupa juga terjadi pada perintah lainnya. Semua itu dilakukan oleh apt-get secara otomatis, sehingga apt-get membutuhkan koneksi internet.

Nah, tugas apt-id adalah mengatur agar apt-get tidak men-download sendiri file2 yang dibutuhkannya, tetapi menulis daftarnya dalam sebuah file. Dengan demikian kita bisa membawa daftar tersebut ke komputer lain yang tersambung internet untuk melakukan download. Setelah semua file di-download, kita bisa berikan pada apt-id. Apt-id akan mengatur agar file2 tersebut dieksekusi sebagaimana seharusnya.
Tugas lain apt-id adalah mengatur format �daftar download� yang diminta apt-get menjadi sebuah format script yang bisa berjalan otomatis, baik di Windows maupun Linux. Dengan demikian kita tidak perlu men-download manual tiap file satu persatu.
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 16:58

# Install & Uninstall

Cara install :
1. Download file apt-id.zip di bawah, ekstrak, lalu letakkan di komputer yang akan diinstall.
2. Buka terminal. Pindah directory ( cd ) ke directory tempat Anda menaruh apt-id.
3. Ketikkan : [color:#3333FF]sudo mv apt-id /usr/local/bin/apt-id[/color]
4. Beri permission eksekusi, caranya ketik [color:#3333FF]sudo chmod +x /usr/local/bin/apt-id
[/color]
Contoh :
Image


Cara uninstall :
Buka terminal, ketikkan : [color:#3333FF]sudo rm /usr/local/bin/apt-id[/color]


Kompatibilitas :
Apt-id diharapkan untuk bisa berjalan di semua versi Ubuntu dan distro turunannya.
Diharapkan juga dapat digunakan di distro lain yang menggunakan manajemen APT (tapi mungkin perlu sedikit penyesuaikan directory)

Update 18 Nov 2012
Saya sudah membuat versi baru untuk menambahkan sedikit fitur GUI. Silahkan dibaca di sini.

Update 25 Mar 2014
file lampiran di sini sudah broken link sepertinya :confused:
jadi silahkan download yang versi terbaru aja, ada di signature saya (di bawah).
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 17:01

# Penggunaan

Kita dapat memanggil apt-id dari mana pun di terminal dengan mengetikkan [color:#3333FF]apt-id[/color].
Anda akan mendapati 4 opsi pilihan. Pilih 1 untuk membuat daftar download, 2 untuk eksekusi hasil download, 3 untuk menampilkan keterangan singkat apt-id, 4 untuk keluar.

Tampilkan
Image


Agar lebih praktis, kita juga bisa langsung memberikan pilihan saat memanggil apt-id. Misalnya, ketik [color:#3333FF]apt-id[/color][color:#3333FF]2[/color] maka akan langsung masuk ke opsi 2, yaitu eksekusi hasil download.

Tampilkan
SS1
Image

SS2
Image
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby Malsasa » 30 Oct 2012, 17:01

Bagus!

Baru saja saya menulis posting seperti ini[1]. Eh, sudah ada yang sambut :) Lumayan mendekati yang saya inginkan meski masih jauh. But it's fine :D

Terima kasih, Kang.




_____________
[1] https://linuxdreambox.wordpress.com/201 ... packaging/
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 17:04

# Membuat Daftar Download

Langkahnya mudah, kita hanya tinggal memasukkan perintah apt-get yang kita inginkan. Misalnya sudo apt-get update, sudo apt-get install firefox gimp inkscape, sudo apt-get upgrade, dan semacamnya. Apt-id akan menyusun daftar file apa saja yang perlu di-download untuk perintah tersebut. Setelah itu kita akan diminta memasukkan nama yang akan digunakan untuk menyimpan daftar tersebut. Sangat dianjurkan untuk menggunakan nama berakhiran .bat

Tampilkan
Image


Sesudah daftar download berhasil dibuat, kita bisa membawanya ke komputer lain yang terkoneksi internet untuk men-download semua file yang diperlukan secara otomatis. Bisa komputer Windows maupun Linux. Caranya akan saya jelaskan di bagian selanjutnya.


Keterangan tambahan :
1. Ada kalanya apt-id tidak menemukan daftar file yang harus di-download. Hal ini kemungkinan terjadi karena :
- salah penulisan perintah
- aplikasi yang ingin di-download tidak tersedia di Software Sources yang kita gunakan
- daftar APT kita sudah tidak update (solusi : kita bisa meng-upate dulu daftar APT kita dengan melakukan sudo apt-get update. Bisa dilakukan dengan bantuan apt-id)
- aplikasi tersebut sudah terinstall dan tidak ada update

Tampilkan
Image


2. Jika apt-id gagal menyimpan daftar download dengan nama yang kita minta, maka akan disimpan otomatis dengan nama APT-ID_(tanggal_&_waktu).bat di home directory kita.

Tampilkan
Image
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 17:12

# Download Otomatis dengan Wget

Sesudah kita mendapatkan daftar download dari apt-id, langkah selanjutnya adalah membawa daftar download tersebut ke komputer lain yang terkoneksi internet. Daftar download yang dihasilkan apt-id dapat kita gunakan untuk men-download semua file sekaligus secara otomatis, baik di komputer Windows ataupun Linux (tidak terbatas distro Ubuntu / Debian). Bagaimana caranya? Dengan bantuan sebuah download manager yang bernama wget. Daftar download yang dihasilkan apt-id memang sengaja disusun agar sesuai dengan sintaks wget.

Mengapa saya memilih wget? Itu karena :
1. Wget gratis dan bebas digunakan
2. di OS Linux = wget sudah terinstall secara default di banyak distro Linux (termasuk Ubuntu). Jadi, kita tidak perlu menginstall apapun lagi.
3. di OS Windows = ada banyak versi wget.exe untuk Windows yang bisa kita download secara gratis. Salah satunya di link ini : wget.exe untuk Windows.
Wget di link tersebut sudah di-compile dengan static linking sehingga stand-alone, bisa kita gunakan di komputer Windows tanpa perlu menginstall apapun.

Saya membayangkan bahwa komputer yang kita gunakan untuk download bukanlah milik kita (mungkin komputer warnet, lab kampus, punya teman, tetangga, dll) sehingga rasanya sulit jika kita harus menginstall sesuatu.

Oke, langsung ke cara melakukan download otomatis.

>> Jika komputernya Linux
1. Bawa daftar download.
2. Buka terminal.
3. Pindah directory ( cd ) ke directory tempat Anda menaruh daftar download.
4. Ketik [color:#3333FF]sh[/color][color:#990000][nama daftar download yang akan dijalankan][/color]

Tampilkan
Image


5. Proses download akan berjalan. Semua file yang di-download akan diletakkan di directory yang sama dengan directory tempat Anda meletakkan daftar download. Tunggu hingga selesai.

Tampilkan
Image



>> Jika komputernya Windows
1. Bawa daftar download, dan letakkan bersama wget.exe (jika Anda belum memiliki wget.exe, silahkan download dari link yang saya sebutkan di atas).
Catatan : jika komputernya menggunakan Windows, file daftar download yang kita jalankan harus berekstensi .bat, dan akan dikenali Windows sebagai batch file.

2. Atur variabel 'path', dengan cara buka command prompt, ketikkan :
[color:#3333FF]path=%path%;[/color][color:#990000][folder tempat Anda menaruh wget.exe][/color] lalu tekan Enter. Untuk mengecek hasilnya, kita bisa memberikan perintah [color:#3333FF]path[/color]. Seharusnya folder tempat kita menaruh wget.exe sudah ikut tercantum.
Catatan : Jendela command prompt tersebut jangan di-close hingga semua proses download selesai, karena pengaturan variabel path yang kita lakukan hanya bersifat sementara dan akan hilang ketika jendela command prompt tersebut ditutup.

Tampilkan
SS1
Image

SS2
Image


3. Cari daftar download yang ingin Anda jalankan, klik 2 kali (double click).

Tampilkan
Image


4. Proses download akan berjalan. Akan muncul jendela command prompt baru yang manampilkan progress download. Semua file yang di-download akan diletakkan di directory yang sama dengan directory tempat Anda meletakkan daftar download. Tunggu hingga selesai.

Tampilkan
Image
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 21:04, edited 1 time in total.
Reason: memperjelas link
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 17:14

# Eksekusi Hasil Download

Setelah semua file berhasil di-download, langkah berikutnya tinggal membawa kembali file-file tersebut kembali ke komputer kita untuk dieksekusi. Kita bisa menggunakan apt-id untuk melakukannya.
Di apt-id, kita cukup menyebutkan di mana folder / directory tempat kita menaruh file-file hasil download. Apt-id akan menentukan sendiri jenis eksekusi yang akan dilakukannya. Jika isinya file .deb maka akan diinstal; sedangkan jika isinya adalah file untuk keperluan update database APT, maka akan dijalankan update.
Apt-id akan menanyakan konfirmasi dulu sebelum melakukan eksekusi. Jika Anda menyetujui, eksekusi segera dijalankan.

Tampilkan
SS1
Image

SS2
Image

SS3
Image

SS4
Image


Catatan tambahan
:
1. Apt-id hanya akan mengeksekusi isi directory yang ditentukan, tidak termasuk subdirectory di bawahnya. Hal ini sengaja untuk menghindari adanya file yang ikut terproses tanpa kita sadari.
2. Sebaiknya di dalam directory yang akan dieksekusi tidak ada file-file lain selain yang memang diperlukan.
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 17:18

# Penutup

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, tiap alternatif memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Semakin banyak alternatif akan semakin baik, karena kita bisa memilih alternatif mana yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kita.

Untuk apt-id, kelebihannya :
1. Daftar-download yang dihasilkan dapat dijalankan di banyak komputer Windows dan Linux tanpa perlu meng-install apapun.
2. Memiliki kemampuan yang lengkap. Tidak hanya memfasilitasi instalasi aplikasi (dengan perintah sudo apt-get install), tapi juga update database APT (dengan sudo apt-get update), dan lainnya.
3. Karena bisa melakukan update database APT, maka memungkinkan kita untuk menambahkan repository lain, termasuk PPA.
4. Seluruh proses manajemen APT tetap dilakukan di komputer kita, sehingga tidak ada kendala untuk digunakan bergantian dengan cara online (misalnya; aplikasi-aplikasi yang berukuran kecil diinstall langsung lewat koneksi internet, sedangkan aplikasi-aplikasi yang besar di-install dengan bantuan apt-id. Cara seperti ini cocok untuk pengguna yang memiliki koneksi internet, tetapi masih terbatas).

Kekurangannya :
1. Daftar-download yang dihasilkannya tidak bisa dijalankan di komputer Linux yang belum terinstall wget (dan pemiliknya tidak mengizinkan kita menginstall wget). Juga, tidak bisa dijalankan di komputer Windows yang pemiliknya melarang eksekusi batch file.
2. Belum menyertakan update terjemahan / Translation
3. Belum bisa menghasilkan script untuk melakukan download bertahap (misalnya : cari file Packages.bz2, jika ada langsung diproses, jika tidak ada cari Packages.gz, dst).
4. Kita harus bolak-balik dari komputer kita ke komputer tempat download.
5. Mungkin ada lagi yang belum saya ketahui.


Sumber dan Referensi
Ada cukup banyak, saya tidak hapal :smile:
Yang jelas googling dan manual.
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 30 Oct 2012, 17:27

@Malsasa : makasih :smile:
User avatar
ndundupan
Posts: 116
Joined: 28 Jan 2010, 13:09
Location: Surabaya
Contact:

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby ndundupan » 30 Oct 2012, 18:36

TOP ini, bisa jadi solusi buat yang kesulitan koneksi internet!
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby Malsasa » 30 Oct 2012, 19:52

Saya setuju! TOP! Terima kasih buat kang nif!

Oya, secara ringkas, apa ini konsepnya semisal Keryx? Kalau ya, apa bedanya?
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 31 Oct 2012, 08:38

Terima kasih. Ya, semoga bisa menjadi tambahan alternatif lagi selain yang sudah ada saat ini. :smile:
Saya dulu juga migrasi ke Ubuntu pada kondisi tidak punya internet sama sekali, jadi saya merasakan sendiri bahwa menggunakan Linux tanpa bantuan internet itu memang sedikit membingungkan. :confused:


[quote:Malsasa]secara ringkas, apa ini konsepnya semisal Keryx? Kalau ya, apa bedanya?[/quote]
Konsep kerjanya sedikit berbeda.
Keryx bekerja dengan membangun sendiri sebuah database APT internal di flash disk (di tempat Keryx dijalankan). Dengan demikian, Keryx bisa dibawa ke komputer lain dan bisa memecahkan masalah dependensi dengan mengacu pada database APT internal yang dibawanya.

Apt-id menggunakan konsep kerja seperti apt-offline atau synaptic srcipt, yaitu menggunakan pengelolaan "satu atap". Database APT yang digunakan adalah database di komputer kita sendiri. Segala pengelolaan dan manajemen database APT tetap dilakukan di komputer kita, sebagaimana kalo kita punya internet. Yang diubah hanya cara download-nya : tidak download sendiri, tetapi ditulis ke daftar download untuk di download di komputer lain.


Tapi meski konsep kerjanya beda, dari segi tujuannya tetap sama :
Memfasilitasi agar pengguna Linux yang tidak punya internet bisa mendownload semua file yang dibutuhkannya di komputer lain (baik Windows maupun Linux), tanpa harus bingung memikirkan dependensi; dan juga tanpa harus repot men-download manual setiap file tersebut satu persatu. :smile:
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 01 Nov 2012, 07:44

Bagi yang sudah mencoba apt-id, saya tunggu feedback-nya ya : kritik, koreksi, saran, bagian2 yang masih harus diperbaiki, kendala2 ketika digunakan, dll. Terima kasih. :smile:
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 21:04, edited 1 time in total.
Reason: salah ketik
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby thrvers » 01 Nov 2012, 08:13

'
tadi coba iseng kak nif :D
-----------------------------
>> apt-id

langsung keluar tanpa ada peringatan salah apa

terima kasih
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 01 Nov 2012, 08:28

@thrvers :
Kok aneh ya? :confused:
Seharusnya ada pesan error invalid operation karena kesalahan sintaks, dan di komputer saya memang ada :

Tampilkan
Image


Oke, makasih banyak mastah thrvers, nanti saya coba teliti lagi. :smile:
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 21:04, edited 1 time in total.
Reason: spoiler
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby thrvers » 01 Nov 2012, 08:32

'
o.. iya tadi saya jalaninnya langsung klik2x - Run in Terminal
jadi tidak kelihatan

:lupa tidak baca aturan pakai diatas :D :

sekalian nambahi:
buat yg windows wget - linknya adanya kok wget.tar.gz bener ya?
saya unduhnya di http://users.ugent.be/~bpuype/wget/ terus langsung di paste ke C:\Windows (jadi tak bingung dg $PATH)
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby nif » 01 Nov 2012, 08:41

oh, iya sih, untuk pesan error saya memang hanya mengandalkan jawaban bash :grin:
Kalo bash-nya gak keliatan, pesan errornya jadi gak kelihatan. kalo perlu mungkin ntar bisa ditambahin pause atau konfirmasi lagi.

thrvers wrote:sekalian nambahi:
buat yg Windows wget - linknya adanya kok wget.tar.gz bener ya?

Bukan. Saya ada 2 link wget di atas; yang satu ke website resminya wget, yang satunya lagi wget.exe untuk Windows (yang dari ~bpuype itu). Oke, sudah saya edit biar lebih jelas.
Kalo untuk path-nya, ya bisa juga dikopi langsung ke path default Windows. :smile:

oke, makasih mastah thrvers.
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby Malsasa » 01 Nov 2012, 14:22

Muantap. Migrasi tanpa memiliki internet. Terima kasih, Kang.
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: apt-id : asisten apt-get untuk komputer offline

Postby Malsasa » 01 Nov 2012, 14:24

Kalau begitu, siapakah di forum kita yang bisa bikin GUI-nya? Pasti gempar, tuh. Bakalan berguna banget :)

Return to “Aplikasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: Yahoo [Bot] and 11 guests