[help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

[help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 23 Jul 2012, 22:04

para master ubuntu tolongin ane laptop ane udah 2 hari ane install ubuntu 12.04 and ane gax bisa setting contracts sebelum y ane udh nyoba cara :
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"

To:
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_osi="

Then save the file.

Then before rebooting issue the command in terminal
sudo update-grub

Reboot and the brightness controls should now wor

tapi masih tetep cerah banget, sampe mata ame perihh ^_^



ACER ASPIRE ONE D270
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 23 Jul 2012, 22:21

GO to tkp


ACER ASPIRE ONE D270
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 23 Jul 2012, 23:52

udah ane coba cara ni
udah bisa nih gan skrg.. laugh
ijin share ya.. smile
ini caranya :

edit file /etc/rc.local dengan ketik

sudo gedit /etc/rc.local

tampilan awalnya bysanya ky gni:

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

exit 0

sebelum exit 0 tambahin # jd #exit 0

soalnya klo ga gtu ga mau..

trus dibawahnya tambahin :

echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

jd ky gni :

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

#exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

oia, nilai echo dari 0 - 10, tkutnya 0 jd item jd coba aja 2 dlu.. laugh

save file trus exit.

trus tes deh, ketik di terminal:

echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

klo berubah jd minimum berarti berhasil!

note:

tp untuk laptop saya (Toshiba, proc n vga intel), pas bagian

echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness


tapi te2p gax bisa gan, waktu ane enter

echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

keluar notifikasi no such file or directory

tolong ane gannn, mata ane perihh ^_^

acer aspire one d270 ubuntu 12.04
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby buzzing_bee » 24 Jul 2012, 00:17

mantap dah !! :D

coba di spoiler masbro, biar enak bacanya :D
dirapihin gitu :D
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 24 Jul 2012, 04:48

keluar notifikasi no such file or directory

inti nya mah gitu dah waktu ane tekan enter di terminal,
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby buzzing_bee » 24 Jul 2012, 05:27

ayamgoreng wrote:keluar notifikasi no such file or directory

inti nya mah gitu dah waktu ane tekan enter di terminal,


tapi udah berhasil kan??
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 24 Jul 2012, 08:22

belum gan, masih te2p cerah
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby buzzing_bee » 25 Jul 2012, 01:33

ayamgoreng wrote:belum gan, masih te2p cerah


coba masuk ke folder ini bisa ga??

Code: Select all

cd /sys/class/backlight/acpi_video0/
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 25 Jul 2012, 08:05

ane edit, gedit /etc/rc.local

ane tambahin
# By default this script does nothing.

#exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

tp pas ane ketik di terminal :echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

keluar: no such file or directory
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby buzzing_bee » 25 Jul 2012, 17:09

ayamgoreng wrote:ane edit, gedit /etc/rc.local

ane tambahin
# By default this script does nothing.

#exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

tp pas ane ketik di terminal :echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

keluar: no such file or directory


coba ketik di terminal:

cd /sys/class/backlight/acpi_video0/


bisa ndak??
User avatar
czgirb
Posts: 134
Joined: 25 Apr 2012, 13:36
Location: Surabaya

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby czgirb » 25 Jul 2012, 18:59

buzzing_bee wrote:
ayamgoreng wrote:ane edit, gedit /etc/rc.local
ane tambahin
# By default this script does nothing.
#exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
tp pas ane ketik di terminal :echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
keluar: no such file or directory


coba ketik di terminal:
cd /sys/class/backlight/acpi_video0/
bisa ndak??


Ini hasil dari Ubuntu 12.04 dan CQ40-328TU ane
czgirb@czgirb:~$ sudo gedit /etc/rc.local
[sudo] password for czgirb:

(gedit:4380): GLib-GIO-WARNING **: Missing callback called fullpath = /root/.local/share/recently-used.xbel

czgirb@czgirb:~$ echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
bash: /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness: Permission denied
czgirb@czgirb:~$ cd /sys/class/backlight/acpi_video0/
czgirb@czgirb:/sys/class/backlight/acpi_video0$


Terus gimana gan?
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 25 Jul 2012, 19:13

keluar notifikasi: no splash found gmn?
ini bug diubuntu ya gan???
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby buzzing_bee » 25 Jul 2012, 19:17

oalah yaampun...

gini masbro, perintah "echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness"

gak akan bisa dieksekusi di terminal kalo hanya sebagai user biasa :D

di link yg tak kasih kan, harus masukkin perintah itu di rc.local kan??
yaudah masukin aja disitu, trus save.

ini adalah isi dari file /etc/rc.local yg defaultnya:
Tampilkan

Code: Select all

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

exit 0


lalu tambahkan # didepan exit 0
dan tambahkan di baris setelahnya: "echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness",

jadinya seperti ini:
Tampilkan

Code: Select all

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

#exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness


menurut link yg tak kasih angka 2 setelah echo bisa diganti. Pokoknya antara 0-10, tapi kalo angka 0 itu takutnya jadi item, ntar gak kelihatan.
lalu di save trus tutup gedit nya.



lihat perbedaannya :D
-------------------------------------------

kalo mau eksekusi perintah "echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness"

harus pake sudo masbro, jadi gini:

Code: Select all

sudo echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
User avatar
czgirb
Posts: 134
Joined: 25 Apr 2012, 13:36
Location: Surabaya

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby czgirb » 25 Jul 2012, 20:19

buzzing_bee wrote:kalo mau eksekusi perintah "echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness"
harus pake sudo masbro, jadi gini:

Code: Select all

sudo echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness


czgirb@czgirb:~$ sudo echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
bash: /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness: Permission denied
czgirb@czgirb:~$ echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
bash: /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness: Permission denied
czgirb@czgirb:~$


Hasilnya koq sama Permission Denied?
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby buzzing_bee » 25 Jul 2012, 21:43

czgirb wrote:
buzzing_bee wrote:kalo mau eksekusi perintah "echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness"
harus pake sudo masbro, jadi gini:

Code: Select all

sudo echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness


czgirb@czgirb:~$ sudo echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
bash: /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness: Permission denied
czgirb@czgirb:~$ echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
bash: /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness: Permission denied
czgirb@czgirb:~$


Hasilnya koq sama Permission Denied?


hehe, sory om, barusan ngecek juga, ternyata memnag harus pake root :grin:
User avatar
czgirb
Posts: 134
Joined: 25 Apr 2012, 13:36
Location: Surabaya

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby czgirb » 25 Jul 2012, 21:51

Di terminal ane ketik: sudo gedit /etc/rc.local
setelah masukkan password, terus muncul text editor yang asalnya berisi:
#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

Exit 0

dan kemudian ane edit jadi:
#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

# exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

terus ane save, kemudian exit
setelah itu ane test dengan cara ketik di terminal:
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
atau
sudo echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

tapi tetep aja G ada perubahan apa-apa dilayar monitor ane.
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 26 Jul 2012, 01:54

czgirb wrote:Di terminal ane ketik: sudo gedit /etc/rc.local
setelah masukkan password, terus muncul text editor yang asalnya berisi:
#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

Exit 0

dan kemudian ane edit jadi:
#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

# exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

terus ane save, kemudian exit
setelah itu ane test dengan cara ketik di terminal:
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
atau
sudo echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

tapi tetep aja G ada perubahan apa-apa dilayar monitor ane.
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 26 Jul 2012, 01:55

mungkin yang laen bisa bantu gituh, kale aja ada cara yg lebih tokcer??
User avatar
ayamgoreng
Posts: 52
Joined: 15 Jul 2012, 12:57
Location: indramayu

Re: [help] cara mengatur pencahayaan di ubunttu

Postby ayamgoreng » 28 Jul 2012, 15:48

gan, ane udah bisa nih caranya sama kaya diatas tapi ada yg dirubah

ni:

#exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
jadi
#exit 0
echo 2 > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness

jangan lupa habis itu ketik di terminal:

echo 2 > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness


______________________________________________

hal yg paling senang ketika mendapat masalah diubuntu dan didiskusikan bersama dan akhirnya masalahnya terselesaikan :grin:

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests