saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai ubunt

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
dwiga
Posts: 61
Joined: 30 Apr 2012, 18:04
Location: kediri, indonesia
Contact:

saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai ubunt

Postby dwiga » 30 Apr 2012, 18:23

tolong tmen , aye newbie nie. lolong bantu saya meyakinkan pake ubuntu ke 085853457795 . soal nya saya jarang ol
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby buzzing_bee » 30 Apr 2012, 18:28

masalah yakin atau tidak itu dari hati om :D

kalo saya, yg meyakinkan saya itu setelah saya MENCOBA :D
ternyata oh ternyata, dunia GNU/Linux itu asyik, menyenangkan, dan saya bisa dapet kerja dengan menyelami dunia Open Source :D (Alhamdulillah yah, sesuatu)
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby husnia » 30 Apr 2012, 18:33

dwiga wrote:tolong tmen , aye newbie nie. lolong bantu saya meyakinkan pake ubuntu ke 085853457795 . soal nya saya jarang ol


ubuntu nya lgsung dicoba aja,masalah yakin ndak yakin nt ktahuan setelah nyoba.

#kesan pertama bgitu menggoda, selanjutnya terserah anda :D
User avatar
dwiga
Posts: 61
Joined: 30 Apr 2012, 18:04
Location: kediri, indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby dwiga » 30 Apr 2012, 18:39

thank tmen info nya, em, kalo instal aplikasi pake ribet ga?
User avatar
SatriyaMujung
Posts: 669
Joined: 19 Feb 2011, 08:33

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby SatriyaMujung » 30 Apr 2012, 19:39

dwiga wrote:thank tmen info nya, em, kalo instal aplikasi pake ribet ga?

don worri, instal aplikasi itu gampang kok. lha ini saya juga baru instal ubuntu 12.04, sekarang lagi instal program lewat Ubuntu Software Center. tinggal konek inet, buka Ubuntu Software Center, cari programnya, instal, beres. :grin:

saya saranin coba cari padanan antara software windows dan gnu/linux dulu. liat aja di sini : http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/3/Software_Windows_dan_Linux#Post3

kalo ada kesulitan tinggal nanya aja di sini ato cari dulu di tret^ sini. gugling juga oke.
moga sukses...

-s&m-
User avatar
dwiga
Posts: 61
Joined: 30 Apr 2012, 18:04
Location: kediri, indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby dwiga » 30 Apr 2012, 21:49

kalo yang offline ada ga?
User avatar
sipelaut
Posts: 1963
Joined: 03 Jan 2010, 17:25
Location: madura-sampang
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby sipelaut » 30 Apr 2012, 21:58

dwiga wrote:kalo yang offline ada ga?

yang offline bisa....
tapi filenya donlot dulu di warnet.. sama aja kan buth koneksi internet. cuman masalah utama dari distro linux adalah dependencies
User avatar
dwiga
Posts: 61
Joined: 30 Apr 2012, 18:04
Location: kediri, indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby dwiga » 30 Apr 2012, 22:01

apa itu dependencies?
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby blackshirt » 01 May 2012, 02:06

contoh sederhana

Code: Select all


hajime@debianix:~$ apt-cache depends chromium-browser
chromium-browser
  Depends: libasound2
  Depends: libatk1.0-0
  Depends: libbz2-1.0
  Depends: libc6
  Depends: libcairo2
  Depends: libcups2
  Depends: libdbus-1-3
  Depends: libdbus-glib-1-2
  Depends: libevent-1.4-2
  Depends: libexpat1
  Depends: libfontconfig1
  Depends: libfreetype6
  Depends: libgcc1
  Depends: libgconf2-4
  Depends: libgcrypt11
 |Depends: libgl1-mesa-glx
  Depends: <libgl1>
    libgl1-mesa-swx11
    libgl1-mesa-glx
  Depends: libglewmx1.5
  Depends: libglib2.0-0
  Depends: libgtk2.0-0
  Depends: libicu44
  Depends: libjpeg62
  Depends: libnspr4-0d
  Depends: libnss3-1d
  Depends: libpango1.0-0
  Depends: libpng12-0
  Depends: libstdc++6
  Depends: libv8-2.2.24
  Depends: libvpx0
  Depends: libx11-6
  Depends: libxext6
  Depends: libxml2
  Depends: libxrender1
  Depends: libxslt1.1
  Depends: libxss1
  Depends: zlib1g
  Depends: xdg-utils
  Depends: chromium-browser-inspector
  Suggests: chromium-browser-l10n
  Conflicts: <chromium-codecs-ffmpeg>
  Conflicts: <chromium-codecs-ffmpeg-extra>
  Conflicts: <chromium-testsuite>
  Replaces: <chromium-codecs-ffmpeg>
  Replaces: <chromium-codecs-ffmpeg-extra>
  Replaces: <chromium-testsuite>
    chromium-browser
hajime@debianix:~$

Aplikasi browser chromium (versi community dari browser Google Chrome) untuk berjalan dengan baik memerlukan beberapa librari/aplikasi lain yang perlu dipasang. contoh di atas ditandai dengan Depends...
Secara simpel itu yang disebut dependencies.. saling ketergantungan, program satu memerlukan program yang lain,
Sebetulnya inipun tidak berlaku hanya di linux, windows, mac juga berlaku sama,
jadi
cuman masalah utama dari distro Linux adalah dependencies
saya kurang sependapat :grin:
Di windows, sebuah program pun memerlukan library/program lain, ada yang dibuat portable, dengan "memasukkan" semua program/library yang dibutuhkan ke aplikasi program tersebut, jadi dependensinya sudah ada semua di "installer" program (ini yang umum digunakan di windows), ada juga yang terpisah.
User avatar
alatsary
Posts: 75
Joined: 26 Feb 2012, 21:08
Location: surabaya,indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby alatsary » 01 May 2012, 06:41

pake Ubuntu sangat mengasyikkan,penuh tantangan dan pastinya bikin ketagihan untuk terus n terus belajar.Setelah mencoba dual boot selama 2 bln,ane langsung hijrah to FULL UBUNTU.
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby Malsasa » 01 May 2012, 08:37

Saya coba yakinkan Anda.

Silakan lihat bukti-bukti Ubuntu memiliki dukungan raksasa bahkan di Indonesia. Maksud saya adalah dukungan infrastruktur yang sudah maju sekali. Bahkan universitas-universitas besar Indonesia mendukung Linux. Contohnya ini:

http://malsasa.tk/catatan-kecepatan-unduhku-bagian-1/
http://malsasa.tk/catatan-kecepatan-unduhku-bagian-2/
http://malsasa.tk/catatan-kecepatan-unduhku-bagian-3/

Artinya, Anda tidak usah khawatir masalah menginstal program. Sangat-sangat cepat dan mudah. Cuma, Anda butuh kesabaran untuk memperolehnya.

Anda pun dapat memanfaatkan situs ini untuk menginstal secara offline sebagaimana Anda lakukan pada Windows:

http://apt-web.dahsy.at
http://repo.ugm.ac.id/apt-web/

Dan buat saya pribadi, alasan satu-satunya adalah ini: http://bacasalaf.wordpress.com/2012/04/ ... -gnulinux/
User avatar
edhek007
Posts: 238
Joined: 21 Apr 2012, 08:42
Location: Rembang, Indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby edhek007 » 01 May 2012, 16:28

dwiga wrote:apa itu dependencies?

Ibaratnya kalau, masak. depedencies itu bumbu dan bahan-bahannya.
Kalo yakin dan tidaknya, itu terserah. aku sekali coba langsung jatuh cinta. abiz Ubuntu seru sih.
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby Malsasa » 01 May 2012, 16:30

Bisa edhek ceritakan, serunya bagaimana? Saya ingin dengar.
User avatar
edhek007
Posts: 238
Joined: 21 Apr 2012, 08:42
Location: Rembang, Indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby edhek007 » 01 May 2012, 18:51

Malsasa wrote:Bisa edhek ceritakan, serunya bagaimana? Saya ingin dengar.
Seperti orang masak. :grin:
Aku jadi lebih bisa mengerti komputerku sendiri, karena aku yang menyusun dan mengembangkanya. Serunya lagi kalo pas pake baris perintah (CLI). wah..., keren gitu lho :grin: kaya' di film-film (Die Hard 4 yang bintangnya Mel Gibson)
Karena, Linux, aku lebih bisa terbantu mempelajari bahasa pemprograman C++.
itu ceritaku. terimakasih.
User avatar
dwiga
Posts: 61
Joined: 30 Apr 2012, 18:04
Location: kediri, indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby dwiga » 02 May 2012, 19:15

aku sudah tekat, tapi kalo beli cd ubuntu mahal ga ya?
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby husnia » 02 May 2012, 20:25

paling cuman 20ribu.

Code: Select all

http://www.pesanlinux.com/
User avatar
belthsazar
Posts: 1300
Joined: 02 Jul 2011, 04:38
Location: Surabaya, Indonesia

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby belthsazar » 02 May 2012, 21:05

edhek007 wrote:
Malsasa wrote:Bisa edhek ceritakan, serunya bagaimana? Saya ingin dengar.
Seperti orang masak. :grin:
Aku jadi lebih bisa mengerti komputerku sendiri, karena aku yang menyusun dan mengembangkanya. Serunya lagi kalo pas pake baris perintah (CLI). wah..., keren gitu lho :grin: kaya' di film-film (Die Hard 4 yang bintangnya Mel Gibson)
Karena, Linux, aku lebih bisa terbantu mempelajari bahasa pemprograman C++.
itu ceritaku. terimakasih.


sejak kapan Mel Gibson main di Live Free or Die Hard (judul asli Die Hard 4)? itu kan Bruce Willis. :grin:
User avatar
dwiga
Posts: 61
Joined: 30 Apr 2012, 18:04
Location: kediri, indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby dwiga » 02 May 2012, 21:26

benarkah cuma 20 ribu?
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby husnia » 02 May 2012, 21:44

belthsazar wrote:..
sejak kapan Mel Gibson main di Live Free or Die Hard (judul asli Die Hard 4)? itu kan Bruce Willis. :grin:


haha.. iya td baca gak nyadar. bro belthazar memang jeli n teliti. :jempol:



dwiga wrote:benarkah cuma 20 ribu?


link yg ane kasih sdh d cek? tanya aja sm yg jual.
User avatar
dwiga
Posts: 61
Joined: 30 Apr 2012, 18:04
Location: kediri, indonesia
Contact:

Re: saya masih pake windows ni. tapi sudah berencana pakai u

Postby dwiga » 02 May 2012, 22:06

12 ribu mas harga nya. besok q mau lgsung beli. partisi nya gimana mas? belum paham sama yang di buku panduan yang saya download kmarin

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot] and 15 guests