[Tanya] Membuat partisi baru

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
User avatar
komoo
Posts: 10
Joined: 03 Apr 2012, 11:27

[Tanya] Membuat partisi baru

Postby komoo » 03 Apr 2012, 12:33

Bro, mau tanya nih. Kan ane pake samba server. Buat sharing data. Ane dulu bikin 5 partisi di hardisk eksternal. Total max size 5 partisi itu masih setengah dari kapasitas hard disk eksternal ane. Jadi masih ada sisa setengah kurang yang belum ane jadiin partisi. Ane mount aja. Terus sekarang ane mau nambahin partisi lain. Yang mau ane tanyain. Kalo ane nambahin partisi via fdisk. Apa partisi lain akan ke hapus apa gimana?
User avatar
abu_unaisah
Posts: 1621
Joined: 24 Nov 2011, 14:07

Re: [Tanya] Membuat partisi baru

Postby abu_unaisah » 03 Apr 2012, 12:41

backup data2 kemudian resize partisi dan buat partisi baru
User avatar
komoo
Posts: 10
Joined: 03 Apr 2012, 11:27

Re: [Tanya] Membuat partisi baru

Postby komoo » 03 Apr 2012, 12:56

Backup ya? Kebetulan datanya udah setengah tera. Dan saya ga punya cadangan hardisk eksternal. Apa ada option lagi bro?
User avatar
abu_unaisah
Posts: 1621
Joined: 24 Nov 2011, 14:07

Re: [Tanya] Membuat partisi baru

Postby abu_unaisah » 03 Apr 2012, 13:33

backup itu opsi teraman, kalo mau main hajar, silahkan langsung resize, kehilangan data gak dijamin yah
User avatar
komoo
Posts: 10
Joined: 03 Apr 2012, 11:27

Re: [Tanya] Membuat partisi baru

Postby komoo » 03 Apr 2012, 13:51

Kebetulan tadi pertanyaan ane belum lengkap. Bisa di lihat lagi pertanyannya bro. Apa masih bisa hilang dalam kasus di atas?
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: [Tanya] Membuat partisi baru

Postby husnia » 03 Apr 2012, 13:58

kadang sy jg suka resize partisi yg ada datanya. pernah nge-resize partisi ubuntu jg aman2 aja.
mungkin bro komoo bisa menjabarkan 'kondisi partisi saat ini' dan rencana 'kondisi hdd stelah partisi baru'
User avatar
komoo
Posts: 10
Joined: 03 Apr 2012, 11:27

Re: [Tanya] Membuat partisi baru

Postby komoo » 03 Apr 2012, 14:05

Kondisi hardisk eksternal ane sekarang:
Jadi 4 partisi. Total hardisk 1 tera.
/dev/sdb1 size 200gb
/dev/sdb2 size 200gb
/dev/sdb3 size 200gb
/dev/sdb4 size 200gb

Dan ane mount. File sharing memakai samba. Pakai linux server. Niatnya ane mau nambahin lagi 1 partisi /dev/sdb5 lewat fdisk dengan kapasitas 100gb. Tapi yang ane takut, kalo ane nambah partisi. Partisi yang lain mengalami gangguan dan kemungkinan paling buruk terhapus. Apa aman - aman saja nanti?
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: [Tanya] Membuat partisi baru

Postby husnia » 03 Apr 2012, 14:16

[quote=komoo]Kondisi hardisk eksternal ane sekarang:
Jadi 4 partisi. Total hardisk 1 tera.
/dev/sdb1 size 200gb
/dev/sdb2 size 200gb
/dev/sdb3 size 200gb
/dev/sdb4 size 200gb

Dan ane mount. File sharing memakai samba. Pakai linux server. Niatnya ane mau nambahin lagi 1 partisi /dev/sdb5 lewat fdisk dengan kapasitas 100gb. Tapi yang ane takut, kalo ane nambah partisi. Partisi yang lain mengalami gangguan dan kemungkinan paling buruk terhapus. Apa aman - aman saja nanti?

o.. kalo sy punya saran sampeyan harus mengungsikan data yg ada d sdb4 (entah sampeyan distribusikan d sdb1,2,3 ato backup d tempat lain)
soalnya untuk membuat sdb5 harus ngerubah sdb4 jd extended dan itu harus diformat.
jd nanti hasilnya:
sdb1 200
sdb2 200
sdb3 200
sdb4 extended 100
sdb5 100

atau
sdb4 extended
sdb5 100
sdb6 100