bikin thread santai tentang android..

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
sephiroth
Posts: 517
Joined: 01 Jan 2010, 07:15
Location: Juwana (pantura)
Contact:

bikin thread santai tentang android..

Postby sephiroth » 15 Mar 2012, 05:30

haloo broo...
pengen sedikit cerita dikit tentang pengalaman temen ane yang pada gunain si "robot ijo" yang diklaim emang free and open source (ngebet pengen beli tapi lom punya duit.. :D)
jadi gini bro, beberapa temen ane mencoba gadget dan tablet yang menggunakan si robot ijo tersebut...
nah ada kata-kata mereka yang cukup unik...
"eh, ini kan OS yang free dan open source..ko nginstall aplikasi or upgrade OS (ane juga belom pernah coba lho ya bro, jadi cuman bisa bilang kata mereka) harus file yang .ex* ?"
"ko nginstall aplikasi yang kita unduh dari internet buat nginstalnya ga pake ekstensi di linux seperti .sh lah, kompresi .tar dsb?"
"kenapa ya??"
adakah brother semua yang bisa membantu memberikan sumber yang cukup membantu?
thanks
:D
User avatar
handra
Posts: 6
Joined: 28 Feb 2012, 18:50

Re: bikin thread santai tentang android..

Postby handra » 15 Mar 2012, 06:59

kurang ngerti saya mksud pertnyaan nya gmna??
klo windows ngintal ya yg exe nya klo linux, install y format .sh, targz or deb jadi ap yg d tnyakan kk
User avatar
ArzonLinus
Posts: 352
Joined: 22 Jan 2010, 09:49
Location: Anonymous
Contact:

Re: bikin thread santai tentang android..

Postby ArzonLinus » 15 Mar 2012, 09:24

memang OS android dibuat dari linux oleh google, tetapi software pendukung spt yg bro sephiroth sebutkan yaitu soft. utk upgrade OS (klo di samsung namanya kies) adalah buatan pihak ketiga (developer HP), sehingga google tidak bisa memaksa harus menggunakan soft. tsb hanya bisa digunakan under linux karena pertimbangan mereka (dev. HP) adalah HP pemakainya sangat universal, rata2 pemakai didunia masih awam dg linux (kebanyakan pemakai windows) sehingga akhirnya diputuskan utk membuat versi windows saja. tetapi tidak menutup kemungkinan developer HP lain mengeluarkan versi linux juga..who knows.

jadi kesimpulannya soft. yang dibuat oleh pihak ketiga tidak berhubungan dengan google/linux sehingga dibuat hanya utk OS tertentu atau kompatibel dg beberapa OS itu terserah pembuat HP (samsung, LG, Sony, HTC dll)
User avatar
Nexus
Posts: 2957
Joined: 26 Feb 2011, 12:39
Location: Ujung dunia

Re: bikin thread santai tentang android..

Postby Nexus » 15 Mar 2012, 10:21

[quote=ArzonLinus]memang OS android dibuat dari linux oleh google, tetapi software pendukung spt yg bro sephiroth sebutkan yaitu soft. utk upgrade OS (klo di samsung namanya kies) adalah buatan pihak ketiga (developer HP), sehingga google tidak bisa memaksa harus menggunakan soft. tsb hanya bisa digunakan under linux karena pertimbangan mereka (dev. HP) adalah HP pemakainya sangat universal, rata2 pemakai didunia masih awam dg linux (kebanyakan pemakai windows) sehingga akhirnya diputuskan utk membuat versi windows saja. tetapi tidak menutup kemungkinan developer HP lain mengeluarkan versi linux juga..who knows.

jadi kesimpulannya soft. yang dibuat oleh pihak ketiga tidak berhubungan dengan google/linux sehingga dibuat hanya utk OS tertentu atau kompatibel dg beberapa OS itu terserah pembuat HP (samsung, LG, Sony, HTC dll)

nggak juga, itu pemahaman yg salah. google dari awal nggak mengharuskan untuk menggunakan os window, dari awal google membebaskan mau pakai apa. kan open source, jd bebas. itu vendor2 yg menggunakan android yg "nyari muka" sama microsoft, karena hardware2nya yg mereka gunakan selalu menggunakan hardware2 yg pabriknya selalu menggunakan lisensi microsoft. tapi google snediri nggak pernah n nggak mau menggunakan hardware2 buat ponsel NEXUS yg dibuat oleh pabrik yg berlisensi microsoft. buktinya developer2 open source spt Cyanogen Mod. team hack sung, AOKP, dll. yg dari awal mengoptimalkan android agar bisa digunakan dengan os2 desktop linux.

kalo ada yg bilang android itu melanggar lisensi microsoft, itu omong kosong. karena smp sekarang microsoft nggak pernah berani membuktikannya didepan pengadilan paten. justru sekarang google lebih mengoptimalkan androidnya agar bisa digunakan di os2 berbasis linux. karena google tau watak microsoft n apple yg selalu menghalangi perkembangan2 os2 yg menggunakan kernel linux. kan pernah bbrp saat yg lalu, ketika apple n microsoft berusaha menghalangi perkembangan android, google membongkar kedok apple n microsoft tempo dulu yg selalu meng-halang2i os2 yg menggunakan kernel linux. kan sempat rame bbrp saat yg lalu, akhirnya microsoft n apple ketakutan n gak berani nyerang android lagi.

buktinya sekarng udah terjadi yg namanya "ubuntu for android / android for ubuntu" yg dipamerkan canonical pada MWC kmaren itu. and akan terealisasi tahun ini. malah microsoft nggak ada apa2nya alias dicuekin sama google :laugh: cmiiw


buktinya, kernel yg dipakai android sekarang (android 4.0 ics), adalah kernel yg sama yg dipakai oleh2 os2 desktop berbasis linux spt ubuntu, fedora, mint dll. yaitu kernel 3.0