Search found 2782 matches

by nif
12 Feb 2015, 20:32
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: [ask] Menghilangkan folder .[nama-folder]
Replies: 5
Views: 1213

Re: [ask] Menghilangkan folder .[nama-folder]

memang ada folder2 seperti itu di dalam home directory. gunanya terutama adalah untuk menyimpan setting/cache pengguna.
yup, sebaiknya jangan dihapus.
by nif
12 Feb 2015, 20:28
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: change permission
Replies: 1
Views: 524

Re: change permission

coba di terminal, tekan panah ke atas. nanti akan ditampilkan perintah2 yang pernah dijalankan sebelumnya.
by nif
12 Feb 2015, 20:18
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: tidak bisa masuk root
Replies: 3
Views: 978

Re: tidak bisa masuk root

masukkan dulu user baru tersebut ke dalam group sudoers.
sudo usermod -a -G sudoers [nama user]
by nif
12 Feb 2015, 20:14
Forum: Acara Diskusi Panel & Ngoprek Bareng
Topic: ubuntu 15.04
Replies: 1
Views: 3072

Re: ubuntu 15.04

ada pesan/notifikasi errornya?
by nif
03 Feb 2015, 10:16
Forum: Solusi Hardware Ubuntu
Topic: Tidak Bisa Konek Dengan Wifi
Replies: 11
Views: 7142

Re: Tidak Bisa Konek Dengan Wifi

mohon shere dong driver canon IP1900/1980 buat linux ubuntu.
pertanyaannya di luar topik trit om. lain kali sebaiknya cari trit yang sesuai atau buat di trit baru.

btw, untuk driver printer canon di Ubuntu bisa coba gunakan PPA;
ppa:michael-gruz/canon-trunk
by nif
03 Feb 2015, 10:09
Forum: Instalasi Ubuntu
Topic: NEWBIE/PEMULA MASUK KESINI
Replies: 1300
Views: 4900560

Re: NEWBIE/PEMULA MASUK KESINI

E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11: Resource temporarily unavailable) E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/), is another process using it? kalau keterang seperti di atas bagaimana mengatasinya, mohon informasinya :) itu karena ada aplikasi manajemen softwar...
by nif
03 Feb 2015, 09:58
Forum: Ubuntu Server
Topic: [ASK] blokir situs di ubuntu server ???
Replies: 3
Views: 1123

Re: [ASK] blokir situs di ubuntu server ???

pasang proxy om.
by nif
28 Jan 2015, 13:17
Forum: Pembicaraan Bebas
Topic: [Ask] Jika barusan fresh install...
Replies: 32
Views: 11152

Re: [Ask] Jika barusan fresh install...

[ask] bagaimana kalau /var/lib/dpkg/status diambil dari distro saat liveCD/USB, apakah itu berbeda dg mengambilnya dari fresh Install ?
iya om, sedikit berbeda :)
boleh dibilang 99% sama sih, tapi kalo bisa 100% kan lebih bagus :D
by nif
28 Jan 2015, 13:14
Forum: Ubuntu Server
Topic: [Help] SSH
Replies: 2
Views: 786

Re: [Help] SSH

kurang jelas pertanyaannya om.
si 172.16.84.150 itu apa? ubuntu server?
sudah diinstall ssh-server? sudah jalan service-nya?
by nif
27 Jan 2015, 08:27
Forum: Ubuntu Desktop
Topic: mouse
Replies: 1
Views: 550

Re: mouse

coba jangan dulu di-restart om, tapi cabut aja mousenya, lalu tancepin lagi.
atau coba pake mouse lain kalo ada.
by nif
22 Jan 2015, 13:10
Forum: Instalasi Ubuntu
Topic: BERAPAKAH UKURAN PARTISI ROOT DAN HOME AGAR LINUX BEKERJA OP
Replies: 40
Views: 23471

Re: BERAPAKAH UKURAN PARTISI ROOT DAN HOME AGAR LINUX BEKERJ

... dari hasil baca komen yg diatas rencananya root : 50GB swap : 4GB home : sisanya minta saran dari suhu2 semua hehe saya rasa itu udah bagus om :) tapi mungkin swap enggak perlu 4 GB, 1 atau 2 GB aja. terus untuk versi distro, saya lebih sarankan 14.04 karena 'edisi spesial' alias LTS, masa supp...
by nif
22 Jan 2015, 13:02
Forum: Instalasi Ubuntu
Topic: [ASK] Kok Drivernya Masih Gini
Replies: 1
Views: 739

Re: [ASK] Kok Drivernya Masih Gini

setau saya compiz-check itu script yang udah sangat lama om.. udah gak dikembangin lagi
saya enggak yakin apakah masih relevan untuk saat ini.
by nif
20 Jan 2015, 10:30
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: Tidak bisa melakukan partisi !
Replies: 7
Views: 1514

Re: Tidak bisa melakukan partisi !

nah, benar sekali seperti penjelasan om bang_andi di atas.
agar partisi root filesystem "/" bisa di-edit, tentu harus dilakukan dari system lain, misalnya dari LiveCD/LiveFD.

dan juga benar saran kang Malsasa. mengedit suatu partisi selalu ada resiko data terhapus/rusak. jadi sebaiknya backup dulu.
by nif
19 Jan 2015, 11:21
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: Tidak bisa melakukan partisi !
Replies: 7
Views: 1514

Re: Tidak bisa melakukan partisi !

partisi apa yang mau diunmount?

kalo partisi root "/" tentu saja gak bisa, itu kan partisi tempat si OS berjalan :D
by nif
16 Jan 2015, 09:33
Forum: Ubuntu Server
Topic: ask repository di ubuntu
Replies: 7
Views: 1289

Re: ask repository di ubuntu

1. ya, memang. repository ubuntu kan besar sekali. untuk satu versi aja, misalnya 14.04 i386, besarnya sekitar 70 GB kalo gak salah. 2. letak dan fungsinya? ya memang standarnya seperti itu om biar bisa dibaca APT :) baik repository yang berupa server, CD repo, dll, format directory-nya seperti itu....
by nif
16 Jan 2015, 08:54
Forum: Ubuntu Server
Topic: ask repository di ubuntu
Replies: 7
Views: 1289

Re: ask repository di ubuntu

1. repository sebenarnya kan formatnya cuma folder2 aja om, kayak gini;
http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/trusty/
jadi tinggal di-explore aja

2. ya, kalo kita me-mirror server kambing, tentu saja server lokal kita akan ambil paketnya dari sana.
by nif
16 Jan 2015, 08:38
Forum: Ubuntu Server
Topic: ask repository di ubuntu
Replies: 7
Views: 1289

Re: ask repository di ubuntu

masih kurang paham maksud pertanyaannya om :confused:

repository adalah gudang/kumpulan installer aplikasi.
debmirror adalah salah satu tools untuk meng-copy (me-mirror) suatu server repository, misalnya kalo kita mau buat server repository lokal.
by nif
16 Jan 2015, 08:33
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: (ASK) ada eror gan, mohon bantuannya
Replies: 4
Views: 971

Re: (ASK) ada eror gan, mohon bantuannya

oke, kayaknya cuma satu paket itu aja masalahnya.

coba ketikkan perintah ini om, apt-cache show ttf-mscorefonts-installer
salin ke sini outputnya.

sekalian ini deh; cat /etc/apt/sources.list
by nif
15 Jan 2015, 20:30
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: Pilihan dual boot tidak tampil
Replies: 2
Views: 528

Re: Pilihan dual boot tidak tampil

sewaktu install ubuntu, ketika setting harddisk, kan ada banyak pilihan opsi.
kira2 seperti ini; http://www.dedoimedo.com/images/compute ... l-type.jpg

masih ingat waktu itu pilih opsi yang mana?
by nif
15 Jan 2015, 17:21
Forum: Pertanyaan Umum
Topic: install mail zimbra di server ubuntu 12.04 32bit
Replies: 1
Views: 820

Re: install mail zimbra di server ubuntu 12.04 32bit

kalo mau pake server zimbra, kayaknya lebih baik om mardani install yang buntu versi 64 bit (amd64).

prosesor intel bisa pake arsitektur i386 maupun amd64, begitu pun prosesor AMD.
penamaan 'amd64' itu hanya karena memang dulu AMD lebih awal mempopulerkan arsitektur 64 bit :)

cmiiw